Aplikasi Arsip Keuangan Masuk dan Keluar Berbasis Web (Studi Kasus PT. Cakra Perkasa Jaya Mulia Banjarmasin)

Main Article Content

Herpendi Herpendi
Ahlun Nasir

Abstract

Nota penjualan dan pembelian merupakan dokumen penting bagi PT. Cakra Perkasa Jaya Mulia Banjarmasin. Dengan nota-nota tersebut dapat diolah laporan keuangan dan berbagai analisa terkait keuangan perusahaan dalam rangka pengambilan keputusan oleh manajemen peusahaan. Pada sistem yang berjalan, nota penjualan barang hasil produksi dan pembelian bahan mentah keperluan produksi disimpan dalam ordner di lemari arsip staf keuangan. Terdapat beberapa kendala yang terjadi di perusahaan yaitu sulitnya pencarian  nota tertentu pada waktu yang telah terlampau lama, rentan terjadi kehilangan nota dikarenakan hanya ada single back up, sinkronisasi data yang kurang akurat untuk pembuatan laporan keuangan. Aplikasi arsip dibangun untuk mengelola penyimpanan nota-nota pada  PT. Cakra Perkasa Jaya Mulia Banjarmasin. Metode prototype dipilih untuk pengembangan aplikasi ini dengan tahapan observasi, wawancara dan studi literatur dalam pengumpulan datanya.Aplikasi yang dibangun berbasis web dapat menjadi double back up bagi perusahaan, mempermudah dalam pencarian nota berdasarkan waktu yang diinginkan, akurasi sinkronisasi data mampu didapatkan. Aplikasi juga mampu menyajikan fitur rekap laporan nota penjualan dan pembelian berdasarkan rentang waktu yang diinginkan untuk kepentingan analisa keuangan dan pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Herpendi Herpendi, Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Ahlun Nasir, Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Abdullah, D., Novita, C. Y., & Erliana, C. I. 2014. Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan pada PDAM Tirta Mon Pase Aceh Utara. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 4(2): 95-104.
Amsyah, Z. 2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Christianti, M. & Handoko, T. 2010. Aplikasi Pemesanan Kamar Serta Pengelolaan Data Kamar Secara Mobile pada Hotel Le Beringin. Jurnal Sistem Informasi, 5(2): 123-140.
Harahap, F. 2015. Perancangan Sistem Informasi Data Keluar Masuk Keuangan yang Terdapat pada Toko Funncy Collection. Seminar Nasional Informatika (SNIf), 1, ss. 381-386. Medan.
Hastanti, R. P., Wardati, I. U. & Purnama, B. E. 2013. Sistem Penjualan Berbasis Web (e-Commerce) pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. IJCSS, 4(3): 1-10.
Irmawati, D. & Indrihapsari, Y. 2014. Sistem Informasi Kearsipan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2): 136-147.
Juansyah, A. 2015. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1: 1-8.
Kantor Arsip Daerah Tingkat I. 1996. Himpunan Peraturan Kearsipan dan Jadwal Retensi. Jawa Tengah.
Yocelyn, A. & Christiawan, Y. J. 2012. Analisis Pengaruh Perubahan Arus Kas dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham pada Perusahaan Berkapitalisasi Besar. JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 14(2): 81-90.