APLIKASI AYATUL AHKAM BERBASIS WEB

Main Article Content

Muhammad Noor
Ayu Masykurinnisa

Abstract

Hukum Islam merupakan seperangkat norma atau peraturan yang bersumber dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW untuk mengatur tingkah laku manusia di tengah-tengah masyarakat. Aktifitas yang kian padat menjadikan sebagian orang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Terkadang hal yang tidak menjadi prioritas namun suatu keharusan bagi umat muslim terlalaikan, diantaranya yaitu mengenal dan menguasai hukum Islam dengan baik dan benar menjadi terabaikan bahkan terlupakan. Faktor penyebabnya adalah terbatasnya informasi, waktu maupun media untuk belajar, untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat khususnya umat muslim untuk mempelajari hukum Islam dengan lebih efektif dan efisien. Aplikasi Ayatul Ahkam Berbasis Web dirancang dengan menggunakan data flow diagram (DFD) dan penyimpanan data menggunakan database MySQL. Rancangan database menggunakan entity relationship diagram (ERD), conceptual diagram modelling (CDM), physical diagram modelling (PDM) dan menggunakan bahasa pemrograman hypertext preprocessor (PHP) serta menggunakan algoritma stemming Porter untuk pencarian. Metode dalam pembangunan menggunakan metode prototipe.


 


Kata Kunci : Ayatul Ahkam, Website 


 

Article Details

Section
Articles

References

Adelia, Jimmy Setiawan. 2011. ” Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Sistem Reservasi Hotel berbasisi Website dan Desktop”. Jurnal Sistem Informasi, Vol.6, No.2, September 2011.
Agusta, Ledy. 2009. ”Perbandingan Algoritma Stemming Porter dengan Algoritma Nazief & Adriani Untuk Stemming Dokumen Teks Bahasa Indonesia”.Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2009; Bali, November 14, 2009. KNS&I09-036.
Fatta, Hanif Al. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.
Hendrayudi. 2009. VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Pressman, S. Roger. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Andi
Rasim, dkk. 2008. “Metodologi Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Upaya Menciptakan Kultur Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 1, Nomor 2, Desember 2008, ISSN: 1979-9264.
S, Rosa, A. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, Informatika.
Saputra, Rusli. 2016.” Perancangan Sistem Informasi Operasional Praktek Prof. DR. H. Azamris, SPB (K) ONK”. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Vol. 9 No. 1 April 2016, ISSN: 2086 – 4981.
Sitorus, Lamhot. 2015. Algoritma dan Pemograman. Yogyakarta: Andi.
Syaifudin, dkk.2013. “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada Toko Winscom Kabupaten Pacitan Dengan Menggunakan Program PHP”. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700.
Utomo, Eko Priyo. 2013. Mobile Web Programming. Yogyakarta: Andi.
Yuhefizard. 2008. Database Management menggunakan Microsoft Access 2003. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.