Sistem Diagnosa Diabetes Menggunakan Metode K-NN

Main Article Content

Risky Aswi Ramadhani
Ratih Kumalasari Niswatin

Abstract

Diabetes merupakan salah satu induk dari berbagai macam penyakit seperti jantung, gloukoma, jantung dan nefropati. Pada saat ini penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta, tapi sangat sedikit masyarakat yang menydarai akan penyakit yang dideritanya. Hal ini disebabkan karena jumlah tenaga medis yang sedikit dan tenaga medis hanya terpusat pada Kota-kota besar, sedangkan kota-kota kecil jumlah tenaga medisnya sangat terbatas. Untuk menekan jumlah penderita diabetes dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya diabetes, perlu dibuat sebuah Sistem diagnosa diabetes dengan metode K-NN. Tujuan dari dibangunya sistem diagnosa diabetes, mampu menekan angka penderita diabetes. Untuk membuat racang bangun sistem diagnosa diabetes dengan metode K-NN diperlukan beberapa tahapan utama yaitu membuat DFD Level 0, Level 1, dan ERD.


Keywords: Diabetes, Diagnosa, K-NN, Klasifikasi, Rancang Bangun

Article Details

Section
Articles

References

Indrayanti, I., Sugianti, D., & Al Karomi, A. (2017). Optimasi Parameter K pada Algoritma K-nearest Neighbour untuk Klasifikasi Penyakit Diabetes Mellitus. Prosiding SNATIF, 823-829.
Ndaumanu, R. I., & Arief, M. R. (2014). Analisis Prediksi Tingkat Pengunduran Diri Mahasiswa dengan Metode K-Nearest Neighbor.
Purwanti, L. E., & Maghfirah, S. (2017). Faktor Risiko Komplikasi Kronis (Kaki Diabetik) Dalam Diabetes Mellitus Tipe 2. The Indonesian Journal of Health Science, 7(1).
Sihotang, H. T. (2017). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Dengan Metode Bayes. Jurnal Mantik Penusa, 1(1).
Sulistyawati, R. L. (2017, May 3). 128 Daerah Terpencil Kekurangan Tenaga Medis. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/05/03/opcsi2368-128-daerah- terpencil-kekurangan-tenaga-medis.
Wibawa, S. W. (2017, November 11). Miris, Indonesia Peringkat 7 Pasien Diabetes Terbanyak di Dunia. Retrieved from https://sains.kompas.com/read/2017/11/11/170400823/miris-indonesia-peringkat-7-pasien-diabetes-terbanyak-di-dunia.
Yuhelma, Hasneli, Y., & Nauli, F. A. (2015). Identifikasi dan Analisis Komplikasi Makrovaskuler dan Mikrovaskuler pada Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(1), 569–579.