Aplikasi Latihan Soal PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan) Studi Kasus: SMA PGRI Pelaihari

Main Article Content

Rabini Sayyidati
Irwan Effendy

Abstract

Latihan soal biasanya dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang. Latihan soal di SMA PGRI Pelaihari dilakukan secara tertulis, dalam hal ini diperlukan waktu dan biaya yang cukup banyak, seperti untuk penggandaan soal, pendistribusian, kemudian seteklah latihan selesai dikerjakan harus mengumpulkan kertas jawaban kembali. Maka untuk mempermudah pelaksanaannya dibuatlah aplikasi yang bertujuan untuk mengefisienkan pekerjaan guru. Aplikasi web latihan soal PKN dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa khususnya mata pelajaran PKN. Aplikasi yang dibuat ini juga bertujuan untuk memudahkan para guru agar mengetahui kemajuan siswa, sejauh mana kemampuan siswa berkembang. Aplikasi web ini disusun dengan menggunakan PHP dan MySQL, xampp yang merangkum web server apache, dan database MySQL. Menggunakan web browser yang berguna untuk menampilkan halaman website. Aplikasi web ini bekerja untuk menyajikan informasi tentang tes ujian online. Aplikasi berbasis web ini menambah fasilitas guru dan siswa dalam hal melaksakan ujian dan memudahkan perekapan serta pengumuman nilai.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Rabini Sayyidati, Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Irwan Effendy, Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Arif, S.N., Wanda, A.P. & Masudi, A. 2013. Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web SMK Swasta Brigjend Katamso Medan. Jurnal SAINTIKOM, 12 (1): 25-36.
Budiman, A. 2012. Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black Box pada Proses Pra Registrasi User Via Website. Makalah, hlm. 4.
Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan -Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press.
Ependi, U. 2011. Pengertian Online, (Online), (http://blog.binadarma.ac.id/usman/?p=938 diakses tanggal 12 juli 2016).
Juniansyah, A. 2016. Aplikasi Penentuan Rute Terpendek untuk Bagian Pemasaran Produk Roti Surya dengan Metode Best First Search. Media Infotama, 12 (1).
Kusworo. A.P. 2010. Pembuatan Sistem Ujian Online. Penelitian. Surakarta: Program Studi Ilmu Komputer FMIPA UNS.
Rizky, S. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.