Aplikasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Berbasis Android pada SMA Negeri 1 Muara Teweh

Main Article Content

Wahyu Sahrani
Siska Dewi Lestari

Abstract

Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) penting diberikan untuk siswa SMA, agar mereka memiliki bekal untuk menghadapi persaingan global dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang sudah semakin canggih ini.teri belajar ataupun sebagai sarana untuk mengasah pengetahuan terhadap materi belajar yang telah didapat. Proses pembelajaran TIK yang terjadi di SMA Negeri 1 Muara Teweh selama ini masih berjalan secara tatap muka yaitu adanya pertemuan antara guru dengan siswa di dalam kelas. Sedangkan materi-materi yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran tersebut masih menggunakan sebuah buku/modul. Sehingga siswa-siswi di SMA Negeri 1 Muara Teweh jika ingin mempelajari materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya tetap harus membawa buku/modul yang diberikan guru tersebut. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis android yang dibangun menggunakan app inventor. Aplikasi ini dapat menampilkan materi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk SMAN 1 Muara Teweh khususnya kelas X. Aplikasi ini mampu manampilkan halaman latihan soal pilihan ganda yang dapat dikerjakan langsung oleh pengguna dan setelah selesai mengerjakan soal latihan, pengguna bisa langsung mengetahui berapa soal yang benar, salah dan skor atau nilai.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Wahyu Sahrani, Program Studi Manajemen Informatika, Politeknik Muara Teweh

Program Studi Manajemen Informatika,  Politeknik Muara Teweh

Siska Dewi Lestari, Program Studi Manajemen Informatika, Politeknik Muara Teweh

Program Studi Manajemen Informatika,  Politeknik Muara Teweh

References

Cholis, N., dkk. 2004. Modul Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Sofware Engineering Laboratory.
Dwintaputri, K. ___. Pengenalan App Inventor, http://kartika_ds.staff.gunadarma.ac.id/.../Pengenalan+App+Inventor.pdf, diakses pada tanggal 15 Maret 2016.
Ipulhe. 2015. Pengertian Aplikasi Available at www.ipulhe.com/pengertian-aplikasi/ di akses pada 26 mei 2016.
Kadir, A. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Pusat Teknologi. 2012. Mengenal android dan app Inventor Available at http://www.must4in.net/ 2012/08/mengenal-android-dan-app-Inventor.html? m=1 Di akses pada 26 mei 2016.
Sutrisno, A. & Istiyanto, J.E. 2009. Perspektif & Tantangan Pengembangan M-Learning. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(1), 46-55.