Pengaruh Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Minat Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar

Main Article Content

Elistya Rimawati
Ari Wibowo

Abstract

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Internet juga dapat dijadikan sumber belajar. Keputusan guru Sekolah Dasar yang menggunakan internet sebagai sumber belajar siswa, dipengaruhi oleh banyak hal. Keterbukaan informasi bisa memudahkan kita tapi disisi lain bisa berisiko. Pengaksesan internet perlu pemahaman teknologi dan sarana pendukung sehingga efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan model perilaku pemanfaatan teknologi informasi dalam literatur sistem informasi manajemen yaitu technology acceptance model (TAM). Analisa data dengan statistik diskriptif menggunakan analisa regresi. Obyek penelitian adalah guru-guru Sekolah Dasar di kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat pengaruh persepsi kegunaan, kemudahan, dan resiko terhadap minat guru dalam menggunakan sumber belajar bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh 0,403, persepsi kemudahan berpengaruh sebesar 0.133 dan persepsi resiko berpengaruh negatif sebesar 0,133 terhadap minat guru Sekolah Dasar menggunakan internet sebagai sumber belajar. Guru Sekolah Dasar menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan merekomendasikan situs-situs tertentu dengan didampingi orang tua.


Keywords: sumber belajar, guru, TAM, analisa regresi

Article Details

Section
Articles

References

Genjik, B., & Rosyid, R. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(11).
Basyaib, F. (2007). Manajemen Resiko. Jakarta: Grasindo.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.
Mujib, M. (2013). Pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Ramansah. (2015). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Al-Ishlah Kecamatan Lima Puluh Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1732.
Rimawati, E., & Harjanto, S. (2017). PENGARUH PERSEPSI GURU SMP TERHADAP MINAT MEMANFAATKAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Jurnal Ilmiah SINUS, 15(1).
Rochmawati, W. (2012). Perilaku Pemanfaatan Internet (Internet Utilization of Behavior)(Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Internet untuk Kepentingan Hiburan dan Akademik di Kalangan Anak-anak di Kota Surabaya). Jurnal Libri-Net, 1(1), 12.
Zahra, F. (2010). Pengaruh kualitas informasi, kemampuan individual dan norma subyektif terhadap niat mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai sumber pustaka. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.