Aplikasi Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) Berbasis Web Pada Stasiun Klimatologi Kelas 1 Banjarbaru

Main Article Content

Muhammad Rizani
Fathurrahmani Fathurrahmani

Abstract

Informasi yang bisa didapat di Stasiun Klimatologi kelas I Banjarbaru diantaranya adalah prakiraan musim, analisis curah hujan, analisis sifat hujan, analisis hari hujan serta monitoring hari tanpa hujan yang ada di wilayah Kalimantan Selatan. Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) merupakan data hari tanpa hujan yang terjadi di Kalimantan Selatan secara berturut-turut. Data tersebut dikirimkan pengamat kepada kantor Stasiun Klimatologi kelas I Banjarbaru menggunakan media SMS, Whatsapp bahkan dengan menelpon kepada pegawai Stasiun Klimatologi kelas I Banjarbaru sehingga pegawai harus memeriksa di setiap media baik SMS, Whatsapp maupun telpon untuk mengetahui data yang dikirimkan oleh pengamat. Mengenai permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) berbasis web. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML dengan pemetaan menggunakan Google Maps API dan database MySQL.


Keywords: Aplikasi, Sistem Monitoring, Hari Tanpa Hujan, PHP, HTML, Google Maps API, MySQL

Article Details

Section
Articles

References

Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 61-69.
Hadisaputra, A. (2010). HTML & CSS Fundamental Dari Akar Menuju Daun. Ilmu Website.
Ratna, A. L. K. (2014). Pengertian PHP dan MySQL. ILMUTI. Sistem Informasi STMIKA Rahrja. Tangerang.
Ohara, G. J. (2005). Aplikasi Sistem Monitoring Berbasis Web Untuk Open Cluster. Sekolah Tinggi Teknologi TELKOM.
Simanjuntak, E. (2014). Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Pada PT. Trimitra Sebagai Sarana Penjualan Produk Secara Online.