Perancangan Sistem Informasi Absensi Dosen Dengan Validasi Mahasiswa Berbasis Web

Main Article Content

Rina Firliana
Fatkur Rhohman
Rolistian Willy Purwinanto

Abstract

Tidak dipungkiri bahwa kehadiran dosen dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas masih sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, apalagi untuk pembelajaran yang menuntut komunikasi dosen dan mahasiswa. Seperti halnya dalam proses pembelajaran di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Untuk memastikan kehadiran dosen saat perkuliahan, dibutuhkan suatu sistem yang dapat memastikan bahwa dosen telah benar-benar hadir di kelas untuk perkuliahan yang telah terjadwal. Sehingga dibuat sebuah  perancangan system informasi absensi kehadiran dosen dengan validasi dari mahasiswa selaku penanggung jawab matakuliah (PJM) saat perkuliahan akan berlangsung. Desain sistemnya dibuat dengan Unifield Modelling Language (UML) untuk menvisualisasikan, merancang dan memberikan gambaran sistem yang akan dibuat. Gambaran sistem adalah dosen dapat melakukan absensi apabila sudah masuk dalam kelas untuk waktu yang terjadwal saat itu. Selanjutnya mahasiswa sebagai PJM dari dosen yang bersangkutan akan memberikan validasi sebagai bentuk konfirmasi bahwa dosen matakuliah saat itu benar-benar telah ada berbasis WEB. Hasil dapat  membantu absensi lebih efisien dalam penanganan absensi mahasiswa dan dosen selain itu aplikasi sistem absensi ini menyajikan informasi absensi ke mahasiswa, dosen, admin, serta Ka.prodi secara online.


Keywords: WEB, Absensi Dosen, Mahasiswa, PJM

Article Details

Section
Articles

References

Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 61-69.
Burjulius, R., & Rembulan, F. (2014). Perancangan Sistem Informasi Absensi Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Jurnal LPKIA, 1(1).
Hendrayudi. (2013). VB 2008 untuk Berbagai Keperluan Pemrograman. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Junaedi, F. (2005). Panduan Lengkap Pemrograman PHP untuk Membuat Web Dinamis. Yogyakarta: PD. Anindya.
McLeod, R., & Schell, G. (2009). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Rizky, P., Nemicio de S, G., Aditya, E. F., & Arif, R. H. (2014). SISTEM ABSENSI SIDIK JARI TERINTEGRASI SMS GATEWAY BERBASIS DESKTOP MENGGUNAKAN VISUAL BASIC DAN MYSQL. Scan: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(2), 7-14.
Sidharta, L. (1995). Pengantar Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sulhan, M. (2007). Pengembangan Aplikasi Berbasis WEB dengan PHP & ASP. Yogyakarta: Gava Media.
Yusuf, M., Ginardi, R. V. H., & Ahmadiyah, A. S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Absensi Perkuliahan Mahasiswa dengan Pengenalan Wajah. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A766-A770.