Membangun Alat Terapi Kaki Berbasis Mikrokontroler Arduino Menggunakan Bluetooth Smartphone Android

Main Article Content

Wiwik Kusrini
Rabini Sayyidati
Ahmad Nawawi

Abstract

Setiap hari masyarakat banyak melakukan aktivitas di dalam rumah ataupun di luar rumah seperti di kantor, di toko dan di pasar. Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat yang bekerja mengakibatkan rasa pegal dan mengakibaykan kelelahan. Padatnya kegiatan untuk melakukan aktifivas menjadikan masyarakat tidak memiliki waktu luang untuk melakukan terapi yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa lelah. Oleh karena itu perlu adanya alat terapi  yang dapat membantu masyarakat untuk membantu mengurangi atau menghilangkan rasa lelah dan pegal akibat aktifitas yang dilakukan setiap harinya.  Solusi yang diberikan adalah membangun alat Terapi  Kaki Berbasis Mikrokontroller Arduino Menggunakan Bluetooth Smartphone Android yang dapat digunakan memijat kaki untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pegal dan lelah. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall, metode ini dilakukan secara berulang dan berkala serta desain sistem menggunakan Flowchart. Pengendalian Sandal terapi  dilakukan dengan mengkoneksikan arduino dengan bluetooth.


Keywords: Sandal Terapi, Arduino, Mikrokontroler, Bluetooth

Article Details

Section
Articles

References

Arianto, A., Prastiwi, S., & Sutriningsih, A. (2018). PENGARUH TERAPI PIJAT REFLEKSI TELAPAK KAKI TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 3(1).
Kadir, A. (2017). Pemrograman Arduino & Android Menggunakan App Inventor. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Marisna, D. PENGARUH TERAPI PIJAT REFLEKSI KAKI TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPUNG DALAM KECAMATAN PONTIANAK TIMUR. ProNers, 3(1).
Sadewo, A. D. B., Widasari, E. R., & Muttaqin, A. (2017). Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(5), 415–425.
Sofana, I. (2008). Membangun Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.
Wahyuni, S. (2014). Pijat Refleksi Untuk Kesehatan. Jakarta Timur: Dunia Sehat.
Wildan, M., Suhartono, E., & Ramdhani, M. (2008). Rancang Bangun Alat Pijat Refleksi Pada Telapak Kaki Manusia Berbasis PC. Universitas Telkom.