Klasifikasi Berita Kriminal Menggunakan Naïve Bayes Classifier (NBC) dengan Pengujian K-Fold Cross Validation

Main Article Content

Herfia Rhomadhona
Jaka Permadi

Abstract

Berita kriminalitas merupakan berita yang selalu menjadi trending topik di setiap media massa, khususnya media massa online. Media massa online terlah menyediakan beberapa fasilitas untuk mempermudah masyarakan dalam mencari sebuah berita berdasarkan topik. Media massa online melabeli suatu berita berdasarkan kategorinya. Namun, media massa online tidak memberikan sub kategori pada berita tersebut. Sebagai contoh jika seorang pengguna membuka kategori kriminal, maka yang ditampilkan adalah semua jenis berita kriminal tanpa memberikan informasi yang spesifik dari jenis kriminalitasnya. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengklasifikasikan berita kriminalitas berdasarkan subkategori. Penelitian ini menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC)  untuk mengklasifikasi berita berdasarkan sub kategorinya. Adapun subkategori terbagi kedalam 5 kategori yaitu korupsi, narkoba, pencurian, pemerkosaan dan pembunuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan NBC dalam mengklasifikasi berita dengan melakukan pengujian menggunakan teknik K-Fold Cross Validation dengan nilai K dari 3 sampai 10. Hasil pengujian menyatakan bahwa NBC memiliki kemampuan dalam klasifikasi berita kriminal dengan nilai precision sebesar 98,53 %, nilai recall sebesar 98,44 % dan nilai accuracy sebesar 99,38 %.

Article Details

Section
Articles

References

Fanissa, S., Fauzi, M. A., & Adinugroho, S. (2018). Analisis Sentimen Pariwisata di Kota Malang Menggunakan Metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Query Expansion Ranking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2766–2770.

Hamzah, A. (2012). Klasifikasi Teks dengan Naive Bayes Classifier (NBC) untuk Pengelompokan Tekse Berita dan Abstract Akademis. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III, 269–277.

Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2019). Algoritma Naive Bayes untuk Klasifikasi Sumber Belajar Berbasis Teks pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Rumpun Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(4), 430–435.

Putra, I. B. G. W., Sudarma, M., & Kumara, I. N. S. (2016). Klasifikasi Teks Bahasa Bali dengan Metode Supervised Learning Naive Bayes Classifier. Teknologi Elektro, 15(2), 81–86.

Rhomadhona, H., & Jaka, P. (2019). Penerapan Naïve Bayes Classifier untuk Klasifikasi Berita Kriminal di Kalimantan Selatan. Seminastika Universitas Mulia Balikpapan, 2(001), 18-23.

Utami, P. D., & Sari, R. (2018). Filtering Hoax Menggunakan Naive Bayes Classifier. MULTINETICS, 4(1), 57–61.