Perancangan Model Layanan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan pada Private Sector Menggunakan Service Oriented Architecture
Main Article Content
Abstract
Penilaian kinerja karyawan pada suatu organisasi harus dapat dilakukan secara periodik dan terukur, hal ini akan berpengaruh kepada efisiensi perencanaan Sumber Daya Manusia bagi sebuah organisasi yang akan berdampak kepada sukses atau tidaknya organisasi tersebut kedepan. Hal ini dapat digunakan untuk mengukur target yang sudah dicapai dan sebagai evaluasi atas pekerjaan yang sudah dilakukan, dimana kedepannya pasti akan berpengaruh kepada benefit yang akan diperoleh karyawan. Saat ini, Sistem penilaian kinerja existing yang digunakan pada PT. XXX masih dilakukan secara manual dimana setiap data yang masuk dan diolah masih berbasiskan kertas, hal ini akan berakibat kepada banyaknya penggunaan kertas, dan terjadi ketidak efisiensian dalam hal pengarsipan. Disisi lain pada saat pengumpulan hasil performa karyawan membutuhkan waktu yang lama untuk kolektivitasnya, sehingga untuk efisiensi divisi HRD dalam memberikan laporan yang tepat waktu menjadi terganggu dikarenakan menunggu data yang masih paper based dari unit lain. Hal ini dikarenakan kepala unit/departemen lain harus terlaebih dahulu melakukan approval dokumen yang dilakukan secara manual. Model Layanan Sistem Pengukuran kinerja merupakan model sistem yang dapat digunakan untuk melakukan proses mencatat dan mengevaluasi pencapaian pelaksanaan kinerja seorang karyawan pada organisasi atau perusahaan yang dilakukan secara digitalisasi, dengan menggunakan parameter-parameter pencapaian yang dapat diatur oleh organisasi tersebut. Sistem yang dirancang menggunakan metode Service Oriented Architecture, dimana metode ini merupakan penggabungan antara metode top down strategy dan bottom up strategy. Rancangan untuk arsitektur desain aplikasi akan dibangun dengan berbasiskan Web Services yang mempunyai dua akses pada masing-masing unit yang terkait (HRD, Kepala Bagian, dan Karyawan).
Article Details
References
Cao, M., Fan, J. J., Lv, H. P., & Chen, J. L. (2010). Evaluation of Enterprise Knowledge Management Performance Based on Gap Analysis. 2010 IEEE International Conference on Management of Innovation & Technology, 894–897. IEEE.
Erl, T. (2005). Service-Oriented Architecture: Concepts, Technology, and Design. New Jersey: Prentice Hall.
Erl, T., Karmarkar, A., Walmsley, P., Haas, H., Yalcinalp, L. U., Liu, K., … Pasley, J. (2017). Web Service Contract Design and Versioning for SOA. New Jersey: Prentice Hall.
Lilimantik, E. (2016). Ekonomi Sumberdaya Manusia. Banjarbaru: Fakultas Perikanan dan Kelautan UNLAM.
Shell, M. (2002). IEEEtran homepage on CTAN.
Simanjuntak, P. J. (2011). Manajemen & Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Stauss, B., Engelmann, K., Kremer, A., & Luhn, A. (2007). Services Science: Fundamentals, Challenges and Future Developments. New York: Springer.
Suandy, H. (2015). Rekayasa Layanan Data di badan Pusat Statistik. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Suhardi, Budhiputra, P. M., & Yustianto, P. (2014). Service engineering framework: A simple approach. 2014 International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI). https://doi.org/10.1109/ICITSI.2014.7048251