Analisis Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kualitas Mengajar Dosen Menggunakan Metode Fuzzy AHP dan SAW

Main Article Content

Veri Julianto

Abstract

Keberhasilan suatu proses transfer ilmu dalam sebuah perkuliahan sangat bergantung bagaimana kualitas dosen yang  mengajar.  Hal ini dikarenakan dosen berhubungan langsung dengan upaya pemberian jasa akademik bagi mahasiswa.  Oleh karena itu perlunya suatu upaya untuk mengevaluasi kualitas pengajaran yang dilakukan dosen. Ada banyak metode yang digunakan untuk membantu mengevaluasi kualitas pengajaran dosen. Pada penelitian ini akan diperkenalkan metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) yang dikombinasikan dengan Simple Additive Weighting (SAW) dalam mengevaluasi secara akurat kualitas pengajar yang dilakukan dosen. Pada proses pembobotan penilaian perbandingan tiap kriterria digunakan Triangular Fuzzy Number (TFN) untuk  membantu dalam pengukuran yang berhubungan dengan penilaian subjektif. Kriteria yang akan digunakan dalam melakuakn evaluasi kualitas dosen mengajar yaitu isi pembelajaran, metode, efek, kemampuan mengajar, sikap mengajar dan target pengajar. Dari hasil perhitungan dalam proses pembobotan menggunakan FAHP diperoleh bobot untuk kriteria 1-6 yaitu 0.164 ,0.231 ,0.274, 0.198, 0.109, 0.024. Hasil evaluasi menunjukan metode ini dapat digunakan dalam proses perankingan dosen dilihat dari  kualitas mengajar. 

Article Details

Section
Articles

References

[1] F. P. Saputra, N. Hidayat, and M. T. Furqon, “Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) Untuk Menentukan Besar Pinjaman Pada Koperasi,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 4, pp. 1761–1767, 2018.
[2] S. Wahyuni and S. Hartati, “Sistem Pendukung Keputusan Model Fuzzy AHP Dalam Pemilihan Kualitas Perdagangan Batu Mulia,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 6, no. 1, pp. 43–54, 2012.
[3] I. Widaningrum, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy-AHP),” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 3, no. 1, 2015.
[4] L. Xu and H. Cao, “The Approach To Teaching Quality Evaluation Based On Fuzzy Variable,” in 2014 IEEE Workshop on Advanced Research and Technology in Industry Applications (WARTIA), 2014, pp. 946–949.
[5] I. W. Pratama, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Dengan Metode Technique For Order By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) & Preference Ranking Organization For Evaluation (PROMETHEE),” J. Cendikia, vol. XV, pp. 35–42, 2018.
[6] H. N. H. Shega, R. Rahmawati, and H. Yasin, “Penentuan Faktor Prioritas Mahasiswa dalam Memilih Telepon Seluler Merk Blackberry dengan Fuzzy AHP,” J. Gaussian, vol. 1, no. 1, pp. 73–82, 2012.
[7] T. L. Saaty, Fundamentals of Decision Making and Priority Theory With The Analytic Hierarchy Process. USA: Pittsburgh University, 1994.
[8] Y. Anshori, “Pendekatan Triangular Fuzzy Number Dalam Metode Analytic Hierarchy Process,” J. Ilm. Foristek, vol. 2, no. 1, pp. 126–135, 2012.
[9] D.-Y. Chang, “Applications of The Extent Analysis Method on Fuzzy AHP,” Eur. J. Oper. Res., vol. 95, no. 3, pp. 649–655, 1996.
[10] A. H. Işık, M. Ince, and T. Yiğit, “A Fuzzy AHP Approach to Select Learning Management System,” Int. J. Comput. Theory Eng., vol. 7, no. 6, pp. 499–502, 2015.
[11] I. Laengge, H. F. Wowor, and M. D. Putro, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–7, 2016.
[12] S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko, and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Atrribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.