Implementasi API Mikrotik untuk Management Router Berbasis Android (Studi Kasus: PT Sigma Adi Perkasa)

Main Article Content

Yoga Hilmi Tasanah Assakur Mohamad Seh Fahrudin Ferdiansyah Ferdiansyah

Abstract

Mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan yang digunakan untuk mengatur semua kebutuhan jaringan pada suatu perusahaan atau organisasi. Penelitian dilakukan pada PT Sigma Adi Perkasa, kualitas dari jaringan sangat penting untuk menunjang pekerjaan. Seorang administrator jaringan membutuhkan sebuah perangkat komputer atau Laptop untuk melakukan konfigurasi jaringan, jika seorang administrator sedang tidak ditempat maka akan sulit untuk melakukan konfigurasi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis mobile yang bisa digunakan untuk management router mikrotik kapanpun dan dimanapun. Adapun metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dan metode demonstrasi. Metode eksperimental digunakan untuk membuat pengujian, menganalisa, menulis, memproses data dan membuat kesimpulan. Metode demonstrasi digunakan untuk mempresentasikan langkah-langkah dari router mikrotik yang merupakah alat dari penelitian ini. Aplikasi ini akan dikembangkan menggunakan perangkat lunak Android Studio dengan bahasa pemrograman Java, serta sebuah library API dari mikrotik. Aplikasi ini memiliki fungsi update data, sehingga administrator jaringan dapat melakukan penambahan konfigurasi, edit, simpan dan hapus secara berkala. Aplikasi yang dibuat telah berhasil dilakukan pengujian black box dengan fitur-fitur yang telah dibuat dapat digunakan dengan baik. Dengan aplikasi mobile, konfigurasi dan troubleshooting router mikrotik telah memberi pengaruh yang positif dan mempermudah pekerjaan seorang administrator jaringan.

Article Details

How to Cite
TASANAH ASSAKUR, Yoga Hilmi; FAHRUDIN, Mohamad Seh; FERDIANSYAH, Ferdiansyah. Implementasi API Mikrotik untuk Management Router Berbasis Android (Studi Kasus: PT Sigma Adi Perkasa). Jurnal Sains dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 92-101, june 2020. ISSN 2598-5841. Available at: <https://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/217>. Date accessed: 24 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.34128/jsi.v6i1.217.
Section
Articles

References

[1] A. Diyantoro and N. H. Haekal, “Penerapan Manajemen Bandwidth Menggunakan Hierarchical Token Bucket Pada Mikrotik Router OS,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, 2018.
[2] M. F. Asnawi, “Aplikasi Konfigurasi Mikrotik Sebagai Manajemen Bandwidth dan Internet Gateway Berbasis Web,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 5, no. 1, pp. 42–48, 2018.
[3] B. Molly, A. R. Tanaamah, and M. N. N. Sitokdana, “Analisis Kinerja Sistem Informasi dan Teknologi Informasi untuk Menunjang Kinerja Karyawan Menggunakan Framework IT Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Wi-Fi Universitas Kristen Satya Wacana),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 318–332, 2017.
[4] S. Sujalwo, “Manajemen Jaringan Komputer Dengan Menggunakan Mikrotik Router (Computer Network Management Used With Microtic Router),” Komuniti J. Komun. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 32–43, 2017.
[5] U. Rahardja, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Pengintegrasian YII Framework Berbasis API pada Sistem Penilaian Absensi,” SISFOTENIKA, vol. 8, no. 2, pp. 140–152, 2018.
[6] S. Halawa, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan Metode Computer Based Instruction,” J. Ris. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 66–71, 2016.
[7] R. Hidayat, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” J. SISFOTEK Glob., vol. 4, no. 2, pp. 41–45, 2014.
[8] A. D. Astuti, J. Handhika, and S. Kartikawati, “Perbedaan Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen dan Demonstrasi Berbantukan PCB Sederhana ditinjau dari Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa,” JUPITER (JURNAL Pendidik. Tek. ELEKTRO), vol. 2, no. 2, pp. 7–14, 2017.
[9] K. Khairunnas, A. W. Abdi, and M. Y. Harun, “Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Lectora Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Geogr. FKIP Unsyiah, vol. 2, no. 3, pp. 50–59, 2017.
[10] N. Syahputri, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1 Menggunakan Metode Demonstrasi,” JSIK (Jurnal Sist. Inf. Kaputama), vol. 2, no. 1, pp. 89–95, 2018.
[11] F. Rofii, F. Hunaini, and S. Sholawati, “Kinerja Jaringan Komunikasi Nirkabel Berbasis Xbee pada Topologi Bus, Star dan Mesh,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 6, no. 3, pp. 393–404, 2018.