SPK Pemilihan Jurusan Siswa Baru Menggunakan Metode AHP dan MOORA Pada SMKN 1 Kolaka

Main Article Content

Friska Agustina
Andi Tenri Sumpala
Arysespajayadi Arysespajayadi

Abstract

Penempatan jurusan yang sesuai akan meningkatkan prestasi dan memberikan kenyamanan seseorang dalam belajar dan kesalahan dalam pemilihan jurusan menyebabkan kurangnya minat dalam belajar, kelesuan dan hilangnya gairah dalam belajar. Hal ini menjadikan pemilihan jurusan menjadi sangat penting baik dalam kelangsungan belajar siswa selama di SMK maupun ketika telah lulus nantinya. Namun, proses pemilihan jurusan pada SMKN 1 Kolaka hanya mengakumulasikan seluruh jumlah nilai  hasil tes yang diberikan, setiap jurusan tidak disyaratkan sesuai dengan kepentingan setiap nilai terhadap jurusan yang akan dimasuki, proses pemetaan ke setiap jurusan juga memerlukan waktu yang relatif lama. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan jurusan calon siswa baru pada SMKN 1 Kolaka dengan metode Analytical Hierachy Process (AHP) dan Multy-Objective Optimazion on the basic of Ratio Analysis (MOORA) yang dapat membantu pihak sekolah menentukan jurusan siswa sesuai dengan minat dan kemampuannya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung kepada pihak sekolah terkait kebutuhan sistem dan kepentingan setiap kriteria. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dapat digunakan dalam dalam merekomendasikan jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Diharapkan dengan hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Andi Tenri Sumpala, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Dosen Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Arysespajayadi Arysespajayadi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Dosen Universitas Sembilanbelas November Kolaka

References

[1] D. A. Putra, “Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Revitalisasi SMK,” www.liputan6.com, 2018. .
[2] Agustiyanti, “2018, Lulusan SMK Paling Banyak Menganggur,” https://databoks.katadata.co.id, 2018. .
[3] M. Rahmayu and R. K. Serli, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan jurusan Pada Smk Putra Nusantara Jakarta Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ),” vol. 9, no. 1, pp. 551–564, 2018.
[4] S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.
[5] I. G. Hendrayana and G. S. Mahendra, “Perancangan Metode AHP-MOORA Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Wisata,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Tek. Inform. Ke-10, vol. 1, no. 1, pp. 143–149, 2019.
[6] A. A. Chamid and A. C. Murti, “Kombinasi Metode Ahp Dan Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan,” in Snatif, 2017, pp. 115–119.
[7] Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2007.
[8] A. A. Harahap, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus : Smk Swasta Kartini Utama Sei Rampah ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. IX, Nomor, pp. 13–20, 2015.
[9] Afrisawati Irianto, “Pemilihan Bibit Ternak Sapi Potong Melalui Kombinasi Metode Ahp Dan Metode Mfep,” Jurteksi, vol. VI, no. 1, pp. 43–50, 2019.
[10] N. W. Al-Hafiz, Mesran, and Suginam, “Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ),” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, no. 1, pp. 306–309, 2017.
[11] W. Brauers and E. K. Zavadskas, “The MOORA method and its application to privatization in a transition economy,” vol. 35 (2006), no. January 2006, 2006.
[12] T. Hasanah, I. Parlina, and H. Juliana, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Yayasan Muhammad Nasir dengan Menggunakan Metode MOORA,” vol. 2, no. 2, pp. 128–131, 2019.
[13] A. P. Gusman, R. R. Linostu, and Sumaryanti, “Implementasi metode waspas untuk menentukan ikan teri asin kering berkualitas terbaik,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 4, no. 1, pp. 36–42, 2020.
[14] M. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Curling Iron Terbaik dengan Menerap Kan Metode Moora (Multi Objective Optimization on the Basis of Rasio Analysis) (Studi Kasus: New Beauty Toko),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 16, pp. 444–449, 2017.