Studi Komparatif Penggunaan Mouse, Touchpad, Touchscreen Dalam Permainan PC Petualangan Dua Dimensi

Main Article Content

Vinza Hedi Satria
Darlis Herumurti

Abstract

Piranti penunjuk telah berkembang sangat pesat, tidak jarang diciptakan sebuah piranti penunjuk untuk keperluan tertentu seperti gamepad untuk bermain game, namun mendukung penggunaan piranti khusus merupakan pekerjaan lebih untuk pengembang game indie,  oleh karena itu dibutuhkan penelitian mengenai penggunaan piranti penunjuk umum seperti mouse untuk bermain game agar dapat membantu pengembang game indie tidak hanya membutuhkan usaha minimum namun juga dapat menarik lebih banyak konsumen, namun penelitian mengenai hal tersebut jarang dilakukan, oleh karena itu dilakukan penelitian dengan total 16 partisipan yang akan diminta untuk menjalankan dua jenis tugas dalam sebuah permainan dengan menggunakan tiga perangkat berbeda, waktu dari kedua tugas dicatat untuk diolah dengan dihitung rata-rata, deviasi dan dianalisis menggunakan ANOVA dan post-hoc. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa mouse memiliki keunggulan pada tugas pertama (navigasi menu), sedangkan touchscreen memiliki keunggulan pada tugas kedua (permainan), namun dengan mempertimbangkan tingkat signifikansi post-hoc dan rata-rata yang tidak jauh berbeda pada tugas dua dimana mouse berada pada 12.57 detik lebih lambat 0.26 detik daripada touchscreen pada  12.31, sedangkan pada tugas satu perbedaan kedua perangkat jauh lebih besar yaitu 3.2 detik, maka ditarik kesimpulan bahwa mouse cocok digunakan pada game adventure dua dimensi.


 

Article Details

Section
Articles

References

[1] C. Klochek and I. S. MacKenzie, “Performance measures of game controllers in a three-dimensional environment,” in Proceedings of Graphics Interface 2006, 2006, pp. 73–79.
[2] G. W. Young, A. Kehoe, and D. Murphy, Usability Testing of Video Game Controllers: A Case Study. Florida: A K Peters/CRC Press, 2016.
[3] Anon, “Controller Gaming on PC,” STEAM, 2018. https://steamcommunity.com/games/593110/announcements/detail/1712946892833213377 (accessed Dec. 09, 2020).
[4] T. A. Ulrich, R. L. Boring, and R. Lew, “Control board digital interface input devices-touchscreen, trackpad, or mouse?,” in 2015 Resilience Week (RWS), 2015, pp. 1–6.
[5] Y.-C. Lin and C.-C. Wei, “Effects of touchscreen mobile devices and e-book systems for mobile users,” in International Conference on Applied System Innovation (ICASI), 2017, pp. 594–597.
[6] B. Noah, J. Li, and L. Rothrock, “An evaluation of touchscreen versus keyboard/mouse interaction for large screen process control displays,” Appl. Ergon., vol. 64, pp. 1–13, 2017, doi: 10.1016/j.apergo.2017.04.015.
[7] J. Chen and C. Or, “Assessing the use of immersive virtual reality, mouse and touchscreen in pointing and dragging-and-dropping tasks among young, middle-aged and older adults,” Appl. Ergon., vol. 65, pp. 437–448, 2017, doi: 10.1016/j.apergo.2017.03.013.
[8] C.-C. Lai and C.-F. Wu, “Size effects on the touchpad, touchscreen, and keyboard tasks of netbooks,” Percept. Mot. Skills, vol. 115, no. 2, pp. 481–501, 2012.
[9] H. Pedersen, R. F. Refvik, J. S. Uy, and F. E. Sandnes, “Joystick versus Mouse in First Person Shooters: Mouse Is Faster than Joystick,” in International Conference on Human Interaction and Emerging Technologies, 2019, pp. 378–382, doi: 10.1007/978-3-030-25629-6_58.
[10] A. Kundu, “The Effects of Latency and Game Device on Moving Target Selection,” Worcester Polytechnic Institute, 2021.
[11] Anon, “Top 10 Most Popular Gaming Genres in 2020,” Straits Research, 2020. https://straitsresearch.com/blog/top-10-most-popular-gaming-genres-in-2020/ (accessed Dec. 09, 2020).
[12] A. Maleckar, M. Kljun, P. Rogelj, and K. C. Pucihar, “Evaluation of common input devices for web browsing: Mouse vs touchpad vs touchscreen,” in Proceedings of the Human-Computer Interaction in Information Society, 2016, pp. 9–13.