Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan SMART Pada CV. Hamuas Mandiri

Main Article Content

Maya Nur Amalia
Maxsi Ary

Abstract

CV. Hamuas Mandiri merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang produksi kerajinan yang menjadikan bambu sebagai bahan utamanya, dimana dalam pemilihan supplier pada CV. Hamuas Mandiri masih dijalankan berdasarkan intuisi atau hubungan relasai saja tetapi tidak disertai dengan metode dan kriteria yang tepat, tentu hal tersebut kurang efektif untuk dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan pada CV. Hamuas Mandiri dalam mengatasi permasalahan dalam menentukan supplier. Dimana metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), yang diharapkan dengan adanya sistem pendukung keputusan ini dapat membantu perusahaan dalam memberikan rekomendasi supplier terbaik dengan standar kriteria yang sesuai dengan perusahaan inginkan.

Article Details

Section
Articles

References

F. M. U. Hasiani, T. Haryanti, R. Rinawati, and L. Kurniawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Produk Ritel dengan Metode Analytical Hierarchy Process,†Sist. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 1, p. 139, 2021.

I. Pratiwi, H. MZ, and S. Aprilyanti, “PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK PENYEDIA BARANG CONSUMABLE MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( Studi kasus di Departemen Pengadaan Barang PT . PUSRI ) THE BEST SUPPLIER SELECTION OF CONSUMABLE GOODS SUPPLIER USING ANALYTICAL,†J. Manaj. Ind. dan Logistik, vol. 2, no. 2, pp. 147–158, 2018.

Nurmalasari and A. A. Pratama, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP Pada PT Transcoal Pacific Jakarta,†J. Tek. Komput., vol. IV, no. 2, pp. 48–55, 2018.

A. Y. Pradipta and A. Diana, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ),†Sisfotek, vol. 3584, pp. 107–114, 2017.

R. Ginting and Alfredo, “Penentuan Supplier dengan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART),†Talent. Conf. Ser. Energy Eng., vol. 3, no. 2, pp. 116–123, 2020.

F. Ayu and N. Permatasari, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT. Pegadaian,†J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 12–26, 2018.

N. D. Putri, I. S. Damanik, and E. Irawan, “Analisis Metode SMART Rekrutmen Guru Baru TK/Paud Lestari Di Kabupaten Simalungun,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 207, 2021.

S. I. Pebakirang, A. Sutrisno, and J. S. Neyland, “Penerapan Metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ) untuk Pemilihan Supplier Suku Cadang di PLTD BITUNG,†J. Online Poros Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, pp. 32–44, 2017.