Penerapan Text Mining Analisis Sentimen Mengenai Vaksin Covid - 19 Menggunakan Metode Naïve Bayes

Main Article Content

Fira Fathonah
Asti Herliana

Abstract

Sejak wabah covid-19 melanda dunia, media sosial merupakan media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk tetap beraktivitas dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Selain masyarakat umum, pemerintah utamanya pemerintah Indonesia juga memanfaatkan media ini untuk memberikan berbagai informasi dan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu hal yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial utamanya twitter adalah mengenai vaksin covid-19. Berbagai komentar dilontarkan oleh para pengguna baik positif dan negatif. Dalam rangka mengetahui tanggapan masyarakat terhadap adanya vaksin covid-19 ini, maka pada penelitian kali ini dilakukan analisis sentimen terhadap vaksin covid-19 dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 100 data latih yang kemudian dipilih kembali dengan menggunakan teknik data crawling menjadi 34 data, didapatkan bahwa analisis sentimen dari pengguna twitter untuk vaksin covid-19 ini didapatkan persentase accuracy sebesar 100%

Article Details

Section
Articles

References

M. Syarifuddinn, “Analisis Sentimen Opini Publik Mengenai Covid-19 Pada Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Knn,†Inti Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 23–28, 2020.

A. P. Wijaya and D. Wardhani, “Analisa sentimen dan Klasifikasi Komentar Positif Pada Twitter dengan Naïve Bayes Classification,†BRITech, J. Ilm. Ilmu Komputer, Sains Dan Teknol. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 32–40, 2020.

G. N. Arviana, “Sentiment Analysis, Teknik untuk Pahami Maksud di Balik Opini Pelanggan,†glints, 2021. https://glints.com/id/lowongan/sentiment-analysis/.

S. Suryono, E. Utami, and E. T. Luthfi, “Klasifikasi Sentimen Pada Twitter Dengan Naive Bayes Classifier,†Angkasa J. Ilm. Bid. Teknol., vol. 10, no. 1, pp. 89–96, 2018.

A. E. P. Aji, “Analisis Pengaruh Pandemi COVID-19 Pada Sentimen Pariwisata dan Analisis Jaringan Semantik Pada Media Sosial,†Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2020.

A. V. Sudiantoro and E. Zuliarso, “Analisis sentimen twitter menggunakan text mining dengan algoritma Naïve Bayes Classifier,†J. Din. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 69–73, 2018.

U. D. Arni, “Apa Itu Text Mining ?,†Garuda Cyber Indonesia, 2018. https://garudacyber.co.id/artikel/1254-apa-itu-text-mining.

Anon, “Algoritma Naive Bayes,†Informatikalogi, 2017. https://informatikalogi.com/algoritma-naive-bayes.