Perancangan Aplikasi Virtual Tour Program Studi TRPL di Politani Samarinda Berbasis Hand Motion Tracking
Main Article Content
Abstract
Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) perlu menampilkan diri sebagai Program Studi yang memiliki kemampuan dalam mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang sebagai sarana dalam meyampaikan informasi dan pengenalan Program Studi TRPL. Informasi yang disampaikan bisa menjadi lebih interaktif dengan membangun aplikasi virtual tour sebagai sarana penegenalan ruangan beserta fungsinya. Perancangan aplikasi virtual tour dengan fitur first person view menggunakan metode motion tracking atau perekaman gerakan dapat memberikan gambaran kepada penggunanya mengeanai lingkungan dan ruangan Program Studi mirip dengan keadan sebenarnya. Aplikasi Virtual Tour berbasis Hand Motion Tracking ini memanfaatkan perangkat leap motion dalam pengoperasiannya, sehingga aplikasi dapat dijalankan dengan lebih interaktif. Hasil respon dari user menujukkan bahwa aplikasi tersebut sudah dapat memvisualisasikan lingkungan Program Studi TRPL dengan baik, serta dengan menggunakan Hand Motion Tracking membuat aplikasi menjadi lebih menarik untuk digunakan dan menjadi lebih interaktif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
A. Suhendar and A. Fernando, "Aplikasi Virtual Tour Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Autodesk 3Ds Max," Jurnal ProTekInfo, 2016, pp. 30-35.
M. Colsante, "Nicola Building Virtual Tour; Considering simulation in the equity of experience concept," in ASCILITE 2011 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, 2011.
H. Yunita and E. Setyati, "Hand Gesture Recognition Sebagai Pengganti Mouse Komputer Menggunakan Kamera," Jurnal ELTIKOM, vol. 3, no. 2, pp. 64-76, 2019.
A. Wexelblat, "An Approach to Natural Gesture in Virtual Environtments," ACM Transactions on Coumputer-Human Interaction (TOCHI), vol. 2, no. 3, pp. 179-200, 1995.
K. Melfasoni, K. Trisnadoli and I. Surya, "Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Tata Surya," IT Journal Research and Development (ITJRD), vol. 4, no. 1, pp. 40-45, 2019.
M. Zikky, J. A. N. Hasim, A. Basuki and R. Naufal, "Sensor Gerak Dengan Leap Motion untuk Membantu Komunikasi Tuna Rungu/Wicara," in Prosiding Sentia, 2016.
S. Sumpeno, I. G. A. Dharmayasa, S. M. S. Nugroho and D. Purwitasari, "Immersive Hand Gesture for Virtual Museum using Leap Motion Sensor Based on K-Nearest Neighbor," in 2019 International Conference on Computer Engineering, Network, and Intelegent Multimedia (CENIM), Surabaya, 2020.
R. B. N. Budi and M. B. Wenas, "Perancangan Virtual Tour Kampus I UKSW Sebagai Media Informasi Mahasiswa Baru," Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia Andharupa, vol. 04, no. 01, pp. 51-65, February 2018.
Mardainis, M. Arifin, Rahmaddeni and Y. Efendi, "Virtual Tour Interaktif 360 Derajat Menggunakan Teknik Image Stitching Sebagai Media Informasi Kampus STMIK Amik Riau," Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, vol. 11, no. 02, pp. 206218, November 2020.
O. El-Said and H. Aziz, "Virtual Tours a Means to an End: An Analysis of Virtual Tours' Role in Tourism Recovery Post COVID-19," Journal of Travel Research, 2021.
R. K. Moloo, S. Pudaruth, M. Ramodhin and R. B. Rozbully, "A 3D Virtual Tour of The University of Mauritius using WebGL," in International Conference on Electrical, Electronics, and Optimization Techniques, ICEEOT 2016, 2016.
A. Rodrigues and J. F. P. Cheiran, "Virtual look around: interaction quality evaluation for virtual tour in multiple platforms," in Proceedings - 2020 22nd Symposium on Virtual and Augmented Reality, SVR 2020, 2020.
B. Hendrik, F. M. Masril, Y. F. Wijaya and S. Andini, "Implementation and Design User Interface Layout Use Leap Motion Controller With Hand Gesture Recognition," in Journal of Physics: Conference Series, 20019.
C.-M. Pun and H.-M. Zhu, "Real-Time Hand Gesture Recognition using Motion Tracking," International Journal of Computational Intelligence Systems, vol. 4, no. 2, pp. 277-286, 2011.
P.-H. Chiu and P.-H. Tseng, "Interactive Mobile Augmented Reality System for Image and Hand Motion Tracking," IEEE Transactions of Vehicular Technology, vol. 67, no. 10, pp. 9995-10009, 2018.
"Leap Motion Controller," [Online]. Available: https://www.ultraleap.com/product/leapmotion-controller/. [Accessed 09 Agustus 2021].
W. Lu, Z. Tong and J. Chu, "Dynamic Hand Gesture Recognition With Leap Motion Controller," IEEE Signal Processing Letters, vol. 23, no. 9, pp. 1188-1192, 2016.
A. Rahman, "Rapid Application Development Sistem Pembelajarn Daring Berbasis Android," Informatika dan Teknologi (INTECH), pp. 20-25, November 2020.
W. Handiwidjojo and L. Ernawati, "Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction," JUISI, vol. 02, no. 01, pp. 49-55, 2016.
A. Diwakar and S. Noronha, "Usability and Usefulness of ADVIcE Tool Experiment Design Guidelines for Virtual Laboratories," in IEEE Ninth International Conference on Technology for Education (T4E), 2018.
M. Kumar, J. Emory and V. Chopella, "Usability Analysis of Virtual Labs," in IEEE 18th Conference on Advance Learning Technologies, 2018.
D. Taluke, R. Lakat and A. Sembel, "Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halamhera Barat," SPASIAL, vol. 6, no. 2, pp. 531-540, 2019.