Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Laporan PJK3 Berbasis Web Pada PT. Bintang Inspeksi Indonesia

Main Article Content

Rehulina Tarigan
Galang GM Akbar
Ma'Sum Ma'Sum

Abstract

PT Bintang Inspeksi Indonesia adalah Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) di Cilegon yang bergerak dalam bidang pemeriksaan dan pengujian alat berat suatu perusahaan. Perusahaan ini membantu pemilik perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat laik pakai atau laik uji untuk menghindari risiko kecelakaan kerja. Dalam proses pencatatan dan penilaian hasil pemeriksaan masih menggunakan cara manual yaitu dengan pencatatan pada kertas dan papan. Apabila hasil pencatatan tersebut hilang atau rusak akan sangat berpengaruh terhadap kegagalan proses sertifikasi, sehingga perlu dilakukan survei ulang untuk sertifikasi ulang. Proses pembuatan laporan masih menggunakan Me. Word atau Excel yang memakan waktu lebih dari 2 minggu. Hal ini juga mengakibatkan akumulasi data arsip yang tidak terstruktur dan terorganisir, sehingga menyulitkan pencarian data. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sistem untuk mengotomatisasi proses pencatatan hasil pemeriksaan alat berat sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses pelaporan. Metodologi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan metodologi pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) seperti use case, activity dan sequence diagram. Dengan sistem ini maka pencatatan hasil pemeriksaan dan pengujian akan terstruktur dan terorganisir dengan baik, mempercepat proses sertifikasi, mempermudah dan mempercepat proses pembuatan laporan dan pencarian data. 


 

Article Details

Section
Articles

References

M. S. Agustinus Mujilan, S.E., Analisis dan Perancangan Sistem Perpektif Bidang Akuntansi. 2017.

M. O. Muslihudin, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2016.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2012.

L. Sidharta, Sistem Informasi Manajemen. 2018.

J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: deepublish, 2014.

S. E. Frost, Raymond D; Pike, Jacqueline C; Kenyo, Lauren N; Pels, Designing Business Information Systems: Apps, Websites and More v.1.0. Ohio: Creative Commons, 2012.

A. T. Onesis et al., “Sistem Informasi Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Uptd Dinas Perhubungan Berbasis Web,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 2(1), pp. 1–102, 2018.

A. A. Mauludi, Rancangan Sistem Informasi K3. 2017.

E. Furnariandika, R. Sandora, and A. Khumaidi, “Pembuatan Sistem Informasi Reminder Sertifikasi Peralatan Dan Instrumen K3 Berbasis Website Pada Perusahaan Pembangkit,” no. 2581, pp. 267–274.

R. Rahmadhani, “Sistem Informasi Pengolahan Data Pemeriksaan dan Pengujian Peralatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pesawat Uap dan Bejana Tekan Pada PT. Rachmad Jaya Abadi,” Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung, 2018.

L. N. Hamida, A. Subekti, and W. Arninputranto, “Perancangan Sistem Informasi Pendukung Pelaksanaan Checklist K3 pada Equipment Granulator,” Proceeding 2 nd Conf. Saf. Eng., no. 2581, pp. 127–130, 2015.

R. Tarigan and Budhy Raharjo, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 31–42, 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i1.2978.

Mekhala Roy, “Business Process,” Techtarget Network, 2018. https://www.techtarget.com/searchcio/definition/business-process (accessed Sep. 22, 2021).

Nishadha, “Business Process Modeling Techniques with Examples,” creately.com, 2021.

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach, Fifth Edit. New York: McGraw-Hill, 2001.

R. Tarigan, D. Juniansha, and R. Kania, “System Development of Vehicle Registration and Payment of Membership Indonesian Truck Entrepreneurs Association using Hierarchical Model-View-Controller Concept,” Int. J. Comput. Appl., vol. 183, no. 20, pp. 51–58, 2021, doi: 10.5120/ijca2021921570.