Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kepegawaian Berbasis Web pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Tanah Laut

Main Article Content

Khairul Anwar Hafizd
Helda Herlisa

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat menimbulkan revolusi baru berupa peralihan sistem kerja konvensional ke era digital. Perubahan ini juga telah merubah cara pandang setiap orang dalam hal pengelolaan dokumen, salah satunya adalah pengelolaan dokumen pada instansi pemerintah.
Dalam pengelolaan dokumen yang berhubungan dengan kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Tanah Laut, selama ini sudah menggunakan komputer sebagai alat bantu, namun pengeloaannya masih terpisah satu dengan lainnya atau dalam istilah basis data disebut disintegrasi data. Data administrasi pegawai yang dikelola yaitu kenaikan pangkat, kenaikan berkala, pensiun, cuti, LP2P (Laporan Laporan Pajak Pribadi), SPT (Surat Perintah Tugas), dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). Data yang diolah meliputi data pegawai, data pejabat, data pangkat, data golongan, data jabatan, data kegiatan, dan data program. Selama ini pembuatan surat dan usul kenaikan pangkat, berkala dan pensiun masih menginput manual, oleh karena itu belum ada keterkaitan antara data pegawai, data pejabat, data pangkat, data golongan, data jabatan, data kegiatan, dan data program untuk menghasilkan sebuah informasi pegawai. Banyaknya data yang dikelola menjadikan teknologi Informasi sebagai media yang dianggap mampu dan handal untuk membantu dalam pengelolaan data dan penyajian Informasi yang cepat, mudah dan akurat. Penerapan teknologi Informasi diantaranya penggunaan Sistem Informasi berbasis Web berfungsi untuk mambantu
pengguna pengelolaan data pegawai, pembuatan surat, pencarian data dan cetak data dalam bentuk Portable Document Format (PDF).


Kata Kunci: Sistem, Informasi, Kepegawaian

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Khairul Anwar Hafizd, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Helda Herlisa, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut