Sistem Informasi Geografis Pelayanan Kesehatan Kecamatan Pelaihari Berbasis Web

Main Article Content

Winda Aprianti
Witri Sari Nurfajriyah

Abstract

Penyediaan pelayanan kesehatan merupakan salah satu upaya peningkatan kesehatan demi mensukseskan Indonesia Sehat pada tahun 2019. Kecamatan Pelaihari sebagai bagian dari Indonesia juga turut serta mensukseskan hal tersebut. Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut yang mempunyai tugas untuk
melakukan pemeliharaan mutu pelayanan kesehatan di Kecamatan Pelaihari telah melakukan pendataan sarana dan prasarana dalam bidang kesehatan. Namun, informasi mengenai data kesehatan yang tersedia hanya berupa data non spasial sehingga tidak tersedia gambaran yang jelas secara geografis mengenai keadaan dan penyebaran pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Pelaihari. Gambaran yang jelas secara geografis akan membantu masyarakat mengetahui informasi tentang pelayanan kesehatan yang ada di Kecamatan Pelaihari. Pembuatan Sistem Informasi Geografis (SIG) pelayanan kesehatan Kecamatan Pelaihari berbasis web merupakan hal yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. SIG yang dirancang menggunakan DFD dan flowchart, kemudian diimplementasika menggunakan Notepad++, MySql, dan Browser Google Chrome ini menyediakan informasi jenis pelayanan, nama, nomor telepon, lokasi, dan rute pelayanan kesehatan di Kecamatan Pelaihari.



Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan Kesehatan, Rute, SIG.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Winda Aprianti, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Witri Sari Nurfajriyah, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Agustin, F. F. 2012. Pemanfaatan Poskesdes Aktif di Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun 2012. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Bhirowo, A. 2013. “Modul Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar”. “Modul Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar”. http://journal.akprind.ac.id/index.php/script/article/view/344/208. (Diakses pada tanggal 28 April 2016, pukul 11.00 WITA)
Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Departemen Kesehatan.
Irawati, E., Purnama, B. E., & Sukadi. “Sistem Informasi Pengolahan Data PAsien Rawat Inap pada Klinik PKU Muhamadiyah Pacitan”. Indonesian Jurnal on Computer Science – Speed – FTI UNSA. ISSN: 1979-9330 (Print) – 2088-0154 (Online) – 2088-0162 (CDROM).
Lestari, I. 2010. Pengaruh Pelayanan Kesehatan pada Program Puskesmas Kelilng terhadap Tingkat Kesadaran Hidup Sehat pada Masyarakat Miskin di Desa Setu Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. UIN Syarif Hidayatullah.
Nurhayati, M. 2016. “Peran Tenaga Medis dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Pembantu Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat”. eJournal Ilmu Administrasi Negara, 2016, 4 (1): 2127-2140.
Pratama, Y. A. & Junianto, E. 2015. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih dengan Metode Breadth First Search”. Jurnal Informatika Vol II No1 April 2015. ISSN: 2355-6579.
Shalahudin, M & A.S, Rosa. 2013. Modul PembelajaranRekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika
Simamarta, J. 2006. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi.
Suarga. 2012. Algoritma dan Pemrograman. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit