Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan dengan Metode ARAS (Studi Kasus Kabupaten Ponorogo)

Main Article Content

Riza Akhsani Setyo Prayoga
Pratiwi Susanti

Abstract

Perumahan merupakan kebutuhan primer bagi Sebagian orang karena dengan adanya rumah bisa digunakan untuk beristirahat dan terdhindar dari cuaca ekstrim. Perumahan yang ada di Ponorogo cukup banyak dan beragam, maka perlu adanya suatu sistem pendukung keputusan dalam memilih perumahan yang nyaman dan strategis. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan untuk pemilihan perumahan terbaik yang nantinya bisa menjadi rekomendasi bagi masyarakat Ponorogo maupun warga luar Ponorogo yang tinggal di Ponorogo. Metode pemilihan perumahan ini menggunakan Metode ARAS (Additive Ratio Assessment). Metode ini merupakan metode pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan cukup mudah untuk diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat Ponorogo atau warga luar Ponorogo yang tinggal di Ponorogo dalam menentukan perumahan terbaik dengan standar kriteria yang ditentukan oleh masyarkat Ponorogo maupun masyarakat luar Ponorogo yang tinggal di Ponorogo.

Article Details

Section
Articles

References

A. Budiarto, M. Dwiputri, and R. Hambali, “Analisa Ketersediaan dan Kebutuhan Lahan Perumahan di Pusat Pelayanan Kota (PPK) Kota Depok (Studi Kasus : Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Sukmajaya),” Jurnal Arsitektur Lakar, vol. 01, no. 01, pp. 21–26, 2018.

L. M. Huizen and A. P. R. Pinem, “Pemodelan Penentuan Prioritas Renaksi (Rencana Aksi Rehabilitasi & Rekonstruksi) Menggunakan Metode Aras,” Jurnal Rekayasa Teknologi, vol. 16, no. 1, pp. 1–6, 2020.

A. Y. Labolo, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras),” Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 31–35, 2020.

R. Lubis and A. Sari, Implementasi Metode Additive Ratio Assessment(ARAS) Dalam Pemilihan Sales Mobil Terbaik. SAINTEKS, 2019. [Online]. Available: https://seminarid.com/semnas-sainteks2019.html

S. R. Cholil and E. S. Prisiswo, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Baru PT. Dawam Prima Perkasa Menggunakan Metode Aras Berbasis Web,” Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), p. 107, Dec. 2020, doi: 10.25124/jrsi.v7i2.422.

M. N. Amalia and M. Ary, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan SMART Pada CV. Hamuas Mandiri,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 127–134, Dec. 2021, doi: 10.34128/jsi.v7i2.322.

C. Maulana, A. Hendrawan, A. Praba, and R. Pinem, “Pemodelan Penentuan Kredit Simpan Pinjam Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (Aras),” Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, vol. 15, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://journals.usm.ac.id/index.php/jprt/index

D. M. Midyanti, R. Hidyati, and S. Bahri, “Perbandingan Metode Edas Dan Aras Pada Pemilihan Rumah Di Kota Pontianak,” 2019.

C. Tarigan, E. Fahmi Ginting, and R. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kinerja Pengajar Dengan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), vol. 5, no. 1, pp. 16–24, 2022, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/

E. Ndruru, “Pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Seleksi Pkw Terbaik Dengan Metode Aras Pada Lpk2-Pascom Medan,” 2019.

Mesran, J. Afriany, and S. H. Sahir, “Efektifitas Penilaian Kinerja Karyawan Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Menerapkan Metode Rank Order Centroid (ROC) dan Additive Ratio Assessment (ARAS),” 2019.