Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Metode Weighted Product (WP) dalam Penilaian Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Cakra Perkasa Jayamulia)

Main Article Content

Sidik Prasetiyo
Wan Yuliyanti

Abstract

Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas bagi perusahaan, sehingga pencapaian kinerja yang maksimal guna menciptakan pemahaman bersama perihal tujuan dan target perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam penilaian kinerja karyawan menggunakan
Multi Attribute Decision Making (MADM) dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan metode Weighted Product (WP). Metode ini menggunakan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh PT. Cakra Perkasa Jayamulia dan hasil akhir dari penilaian dengan metode ini menghasilkan nilai terbesar yang akan terpilih sebagai karyawan yang berprestasi pada masing-masing jabatan operasional maupun struktural.Sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek yaitu Java dan MySQL untuk pengolahan data penilaian kinerja karyawan. Untuk pengujian terhadap sistem yang dibangun dilakukan dengan cara tes algoritma, yaitu tes white box dan black box.



Kata Kunci: SPK, AHP, WP, Kinerja

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Sidik Prasetiyo, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Wan Yuliyanti, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Ananta, P. W., & Winiarti, S. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Pegawai Untuk Kenaikan Jabatan Pegawai Menggunakan Metode GAP Kompetensi (Studi Kasus Perusahaan Perkasa Jaya Compuretail). Jurnal Sarjana Teknik Informatika Volume 1 Nomor 2 e-ISSN: 2338-5197, 574-583.
Anto, A. G., Mustafidah, H., & Suyadi, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. JUITA ISSN: 2086-9398 Vol. III Nomor 4, 193-200.
Lestari, S. (2013). Penerapan Metode Weighted Product Model Untuk Seleksi Calon Karyawan. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 5, NO. 1, April 2013, ISSN Print : 2085-1588, ISSN Online : 2355-4614, 540-545.
Wibowo, L. P. (2011). Rancang Bangun Human Resource Information System (HRIS) Sebagai Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan Perusahaan Asuransi. Proyek Akhir. Jurusan Teknik Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember.