Implementasi Metode Simple Additive Weighting pada Sistem Pendukung Keputusan Endorsement Melalui Instagram
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merancang Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menemukan pilihan influencer terbaik untuk tujuan endorsement untuk mendukung Glowbe Beauty. Kriteria yang digunakan untuk sistem adalah how-to-rate, average likes, followers, engagement rate, dan rate card, dan data diperoleh dari website Social Blade. Metode Simple Additive Weighting digunakan sistem untuk melakukan perhitungan dengan mengevaluasi skor dari setiap alternatif dengan mengalikan nilai yang diskalakan. Nilai yang diskalakan diberikan kepada keseluruhan atribut alternatif dengan bobot kepentingan relatif. Pengujian sistem digunakan dengan menggunakan metode Black Box Testing. Hasil perhitungan manual dan sistem akan dibandingkan untuk mengetahui keakuratan sistem. Hasil yang diperoleh dari perhitungan menunjukkan bahwa Dilla Jaidi memiliki skor tertinggi yaitu 0,7826 dan disimpulkan sebagai alternatif influencer pilihan terbaik untuk endorsement.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Li, F., Larimo, J. and Leonidou, L. C. Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science 49, 51-70 (2021). https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3
Koshy, L. and Manohar, S. J. Influence of Celebrity Endorsement on Brand Image of Grooming Products. SSRN Electronic Journal (2017). https://ssrn.com/abstract=2969781
Jain, R., & Raju, S. S. (2020). Decision support system in agriculture using quantitative analysis (2nd print). Agrotech Publishing Academy.
Ferrell, O. C., Hartline, M. D., & Hochstein, B. W. (2022). Marketing strategy: Text and cases (8th ed.). Cengage.
Haji Ahmad, Arman & Idris, Izian & Mason, Cordelia & Chow, Shenn. (2019). The Impact of Young Celebrity Endorsements in Social Media Advertisements and Brand Image Towards the Purchase Intention of Young Consumers. International Journal of Financial Research. 10. 54. 10.5430/ijfr.v10n5p54.
I. Irvanizam, "Multiple attribute decision making with simple additive weighting approach for selecting the scholarship recipients at Syiah Kuala university," 2017 International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELTICs), 2017, pp. 245-250, doi: 10.1109/ICELTICS.2017.8253272.