Implementasi Metode Simple Additive Weighting pada Sistem Pendukung Keputusan Endorsement Melalui Instagram
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merancang Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menemukan pilihan influencer terbaik untuk tujuan endorsement untuk mendukung Glowbe Beauty. Kriteria yang digunakan untuk sistem adalah how-to-rate, average likes, followers, engagement rate, dan rate card, dan data diperoleh dari website Social Blade. Metode Simple Additive Weighting digunakan sistem untuk melakukan perhitungan dengan mengevaluasi skor dari setiap alternatif dengan mengalikan nilai yang diskalakan. Nilai yang diskalakan diberikan kepada keseluruhan atribut alternatif dengan bobot kepentingan relatif. Pengujian sistem digunakan dengan menggunakan metode Black Box Testing. Hasil perhitungan manual dan sistem akan dibandingkan untuk mengetahui keakuratan sistem. Hasil yang diperoleh dari perhitungan menunjukkan bahwa Dilla Jaidi memiliki skor tertinggi yaitu 0,7826 dan disimpulkan sebagai alternatif influencer pilihan terbaik untuk endorsement.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
F. Li, J. Larimo, and L. C. Leonidou, “Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 49, pp. 51–70, 2020, doi: 10.1007/s11747-020-00733-3.
L. Koshy and S. Manohar, “Influence of Celebrity Endorsement on Brand Image of Grooming Products,” SSRN Electron. J., 2017.
A. D. Indriyanti, D. R. Prehanto, I. G. L. E. P. Prismana, Soeryanto, B. Sujatmiko, and J. Fikandda, “Simple Additive Weighting Algorithm to Aid Administrator Decision Making of The Underprivileged Scholarship,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 6, pp. 1–7, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/6/066070.
N. Setiawan et al., “Simple Additive Weighting as Decision Support System for Determining Employees Salary,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.14, pp. 309–313, 2018.
I. Irvanizam, “Multiple Attribute Decision Making With Simple Additive Weighting Approach for Selecting The Scholarship Recipients at Syiah Kuala University,” in 2017 International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICELTICs), Banda Aceh, 2017, pp. 245–250. doi: 10.1109/ICELTICS.2017.8253272.
R. Jain and S. S. Raju, Decision Support System in Agriculture Using Quantitative Analysis. Udaipur: Agrotech Publishing Academy, 2020.
A. H. Ahmad, I. Idris, C. Mason, and S. K. Chow, “The Impact of Young Celebrity Endorsements in Social Media Advertisements and Brand Image Towards the Purchase Intention of Young Consumers,” Int. J. Financ. Res., vol. 10, no. 5, pp. 54–65, 2019, doi: 10.5430/ijfr.v10n5p54.
J. P. Carpenter, S. A. Morrison, M. Craft, and M. Lee, “How and Why are Educators Using Instagram?,” Teach. Teach. Educ., vol. 96, 2020, doi: 10.1016/j.tate.2020.103149.
Social Blade, “All About Social Blade,” SOCIAL BLADE, 2008. https://socialblade.com/info (accessed Aug. 26, 2022).
T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 25–29, 2020.