Sistem Informasi Pengelolaan Data Kesan Berbasis Website (Studi Kasus: GKPB - Fajar Pengharapan)

Main Article Content

Kornelius Laia
Sari Susanti

Abstract

Sistem informasi saat ini sangatlah diperlukan untuk menunjang kegiatan bisnis sehingga membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, begitu juga dengan Gereja Kristen Perjanjian Baru – Fajar Pengharapan yang memerlukan sistem informasi untuk menunjang program kegiatan KESAN. Adanya kebutuhan sistem informasi ini dikarenakan terdapat kendala seperti admin yang harus melakukan pendataan melalui microsoft excel dan pembuatan rekapitulasi manual, kemudian ketua KESAN yang melaporkan data absensi anggota setiap minggu melalui whatsapp, dan juga para pengurus yang kesulitan untuk melihat perkembangan kesan yang ada dibawah naungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kendala dalam mengelola data jemaat yang mengikuti kegiatan KESAN. Sistem informasi ini dibangun menggunakan model waterfall yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Sistem informasi ini dibangun berbasis website menggunakan PHP framework codeIgniter dan penyimpanan basis data MySQL. Hasil pada penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan admin, ketua KESAN dan para penilik maupun gembala wilayah dalam kegiatan KESAN.

Article Details

Section
Articles

References

M. Ramadhan and N. A. Arifin, “Sistem Informasi Bimbingan Belajar Indo Prestasi dan English for Communication,” Semnas Ristek (Seminar Nas. Ris. dan Inov. Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 1424–1429, 2021, doi: 10.30998/semnasristek.v5i1.5205.

M. P. Siregar, “Pengaruh Kelompok Sel terhadap Pertumbuhan Jemaat Gereja Bethel Indonesia Simalingkar B Medan,” HAGGADAH (Jurnal Teol. dan Pendidik. Kristen), vol. 2, no. 1, pp. 42–51, 2021, doi: 10.57069/haggadah.v2i1.21.

A. Pulungan and A. Saleh, “Perancangan Aplikasi Absensi Menggunakan QR Code Berbasis Android,” J. Mhs. Fak. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1063–1074, 2020.

C. A. Pamungkas, Pengantar dan Implementasi Basis Data. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

E. B. Setiawan and B. Kurniawan, “Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId),” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 44–49, 2015, doi: 10.24014/coreit.v1i2.1228.

R. A. Sukamto and M. Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2016.

M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2016.

P. P. Widodo and Heriawati, Menggunakan UML. Bandung: Informatika, 2011.

R. Habibi and R. Aprilian, Tutorial dan Penjelasan Aplikasi E-Office Berbasis Web Menggunakan Metode RAD. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2019.

Jubilee Enterprise, Membuat Website PHP dengan CodeIgniter. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015.

Jubilee Enterprise, Pengenalan HTML dan CSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2016.