RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DELIVERY FOOD BERBASIS WEB PADA EPA CAFE & RESTO

Main Article Content

Siti Ernawati
Ronny Setiawan

Abstract

Perkembangan industri era 4.0 membuat teknologi saat ini semakin modern. Hal tersebut berperngaruh dalam perkembangan dunia bisnis. Khususnya pada bidang teknologi informasi dalam dunia bisnis online sangat berperan dan sangat memberikan dampak yang begitu pekat. Epa Café & Resto merupakan usaha yang bergerak di dalam bidang Kuliner. Awalnya Epa Café Resto masih menggunakan sistem yang manual, contohnya customer harus datang ke resto untuk bertransaksi. Selain itu tidak adanya promosi didunia digital yang membuatnya menjadi sulit untuk bersaing. Dari permasalah tersebut, Epa Café & Resto harus melakukan perubahan agar dapat mencapai tujuan. Solusi yang diusulkan dalam mengatasi permasalahan tersebut berupa rancang bangun website delivery order. Website ini dibuat menggunakan metode waterfall, sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP, untuk frameworknya yaitu bootstrap dan Code Igniter. Output yang dihasilkan berupa sistem informasi delivery order yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Dengan hadirnya website ini, diharapkan dapat mempermudah customer untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja melalui website tanpa harus datang ke tempat. Selain itu, dengan hadirnya website ini pengolahan data akan lebih efektif, efisien, dan juga transparan sehingga dapat mempermudah jalannya proses transaksi penjualan.

Article Details

Section
Articles

References

L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 02, no. 01, pp. 71–75, 2020, [Online]. Available: http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

T. Loveri, “Perancangan Sistem Informasi Delivery Order Pupuk Merk Trubus Berbasis Web Pada Cv. Prabu Siliwangi Padang,” J. J – Click, vol. 5, no. 1, pp. 98–106, 2018.

s roger Pressman and s bruce Maxim, Software engineering : a practitioner’s approach. McGraw-Hill Education, 2014.

S. H. Putra, “Perancangan Sistem Delivery Fastfood Berbasis Web Dengan Metode GIS (Geographic Information System),” REMIK (Riset dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komputer), vol. 3, no. 2, p. 52, 2019, doi: 10.33395/remik.v3i2.10113.

B. Sudrajat, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Fashion Berbasis Web,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 3, pp. 22–28, 2021, doi: 10.35969/interkom.v13i3.52.

E. R. Yulia, S. Ernawati, and R. Wati, “E-Commerce Sparepart Motor Menggunakan Metode Waterfall ( Studi Kasus : Bengkel Proklamasi Jaya Motor ),” E-Commerce Sparepart Mot. Menggunakan Metod. Waterfall (Studi Kasus Bengkel Proklamasi Jaya Mot., vol. IV, no. 2, pp. 7–12, 2018, doi: 10.31294/jtk.v4i2.3329.

F. R. Arfianto and F. Nugrahanti, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Perumahan Berbasis Web Pada Cv. Grand Permata Residence Magetan,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 2017, p. 1, 2018.