Peningkatan Penjualan Produk Berdasarkan Analisis Komentar Pelanggan di Marketplace: Shopee
Main Article Content
Abstract
Transaksi secara online mulai digemari karena dirasa mudah dan tidak berbatas waktu. Hal ini yang membuat transaksi secara online mulai meningkat sehingga menyebabkan munculnya persaingan penjualan antar toko online. Toko yang sudah lama berdiri dan memiliki banyak produk yang ditawarkan umumnya cukup kesulitan untuk mengidentifikasi dan menyimpulkan isi keseluruhan komentar berdasar rating yang telah diberikan oleh pelanggan. Kesulitan tersebut biasanya terjadi pada pemberian rating yang tidak sesuai dengan isi komentar yang telah ditulis. Oleh karena itu, diciptakan platform Customer Comment Analysis (Cuscoma) untuk dilakukan analisis terkait isi komentar pelanggan. Isi komentar pelanggan terhadap suatu produk dikelompokan berdasarkan komentar sejenis menggunakan metode rule based. Metode rule based yang diterapkan dapat mengelompokan data komentar yang terbagi dalam pembahasan produk, pengiriman, packing, pelayanan dan harga. Mengambil contoh kasus toko pada marketplace shopee dengan nama akun Seagate Official menunjukan bahwa pembahasan produk mencapai 180 data komentar, sedangkan pada akun toko Mixacc mencapai 574 data komentar. Melalui data komentar yang telah dikelompokan tersebut maka dilanjutkan analisis berfokus pada isi komentar. Analisis isi konten komentar menunjukan bahwa pembahasan komentar mengenai produk mempunyai irisan yang cukup tinggi dengan pelayanan toko dan pengiriman. Dengan melihat pembahasan komentar pada masing-masing group dan diketahuinya pembahasan produk yang memiliki irisan maka dapat digunakan sebagai dasar evaluasi untuk peningkatan penjualan produk oleh masing-masing toko online.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
T. Mustajibah and A. Trilaksana, “DINAMIKA E-COMMERCE DI INDONESIA TAHUN 1999-2015 Tutik Mustajibah Agus Trilaksana,” J. Pendidik. Sej., vol. 10, no. 3, pp. 3–11, 2021.
R. Risald, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2021.
A. N. Hasibuan and D. Rambe, “Perilaku Konsumen Dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender,” Mediastima, vol. 26, no. 1, pp. 84–116, 2020.
D. A. Harahap, “Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 9, no. 2, pp. 193–213, 2018.
R. D. M. Ricky, E. Kawung, and S. Y. V. . Goni, “Dampak aplikasi belanja online (online shop) di masa pandemi covid-19 terhadap minat belanja masyarakat di kelurahan girian weru ii kecamatan girian kota bitung provinsi sulawesi utara,” J. Ilm. Soc., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021.
R. Wibowo, “Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust Dan Customer Loyalty,” Ekon. Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 8–15, 2015.
F. Alvi Herzegovino Sianipar and Y. Yoestini, “ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang),” Diponegoro J. Manag., vol. 10, no. 6, pp. 1–10, 2021.
N. Vasic, M. Kilibarda, and T. Kaurin, “The Influence of Online Shopping Determinants on Customer Satisfaction in the Serbian Market,” J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res., vol. 14, no. 2, pp. 0–0, 2019.
D. P., S. S. Babu, and Y. Vijayalakshmi, “Enhancement of e-commerce security through asymmetric key algorithm,” Comput. Commun., vol. 153, no. August 2019, pp. 125–134, 2020.
A. M. Florio, D. Feillet, and R. F. Hartl, “The delivery problem: optimizing hit rates in e-commerce deliveries,” Transp. Res. Part B Methodol., vol. 117, pp. 455–472, 2018.
B. Palese and A. Usai, “The relative importance of service quality dimensions in E-commerce experiences,” Int. J. Inf. Manage., vol. 40, no. January, pp. 132–140, 2018.
C. Changchit and T. Klaus, “Determinants and Impact of Online Reviews on Product Satisfaction,” J. Internet Commer., vol. 19, no. 1, pp. 82–102, 2020.
K. Torizuka, H. Oi, F. Saitoh, and S. Ishizu, “Benefit Segmentation of Online Customer Reviews Using Random Forest,” IEEE Int. Conf. Ind. Eng. Eng. Manag., vol. 2019-Decem, pp. 487–491, 2019.
F. Zhang, X. Hao, J. Chao, and S. Yuan, “Label propagation-based approach for detecting review spammer groups on e-commerce websites,” Knowledge-Based Syst., vol. 193, no. xxxx, p. 105520, 2020.
P. W. Cahyo and M. Habibi, “Entity Profiling to Identify Actor Involvement in Topics of Social Media Content,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 14, no. 4, p. 417, 2020.
U. S. Aesyi and R. Wardoyo, “Prediction of Length of Study of Student Applicants Using Case Based Reasoning,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 1, p. 11, 2019.
P. W. Cahyo and U. S. Aesyi, “Analisis Eksploratif Berita Hoax pada Situs Cek Kebenaran,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 7, no. 2, pp. 313–320, 2022.
P. W. Cahyo and L. Sudarmana, “A Comparison of K-Means and Agglomerative Clustering for Users Segmentation based on Question Answerer Reputation in Brainly Platform,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 166–173, 2021.
R. R. Fayzrakhmanov, E. Sallinger, B. Spencer, T. Furche, and G. Gottlob, “Browserless Web Data Extraction : Challenges and Opportunities ∗,” in WWW ’18: Proceedings of the 2018 World Wide Web Conference, 2018, pp. 1095–1104.
P. W. Cahyo and M. Habibi, “Clustering followers of influencers accounts based on likes and comments on Instagram Platform,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 14, no. 2, pp. 199–208, 2020.
M. Habibi and P. W. Cahyo, “Clustering User Characteristics Based on the influence of Hashtags on the Instagram Platform,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 4, pp. 399–408, 2019.
J. A. Sanz and H. Bustince, “A wrapper methodology to learn interval-valued fuzzy rule-based classification systems,” Appl. Soft Comput., vol. 104, p. 107249, 2021.
U. Aesyi, T. Diwangkara, and R. Kurniawan, “DIAGNOSA PENYAKIT DISK HERNIA DAN SPONDYLOLISTHESIS MENGGUNAKAN ALGORITMA C5,” Telemat. J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 16, no. 2, pp. 81–86, 2020.
I. Roesiger, A. Riester, and J. Kuhn, “Bridging resolution: Task definition, corpus resources and rule-based experiments,” in Proceedings of the 27th International Conference on Computational Linguistics, 2018, pp. 3516–3528