Aplikasi Pembelajaran Bertema Pahlawan Nasional Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android

Main Article Content

Ahmad Izzuddin
Jessica Julian Angelika
Hermin Arista

Abstract

Wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh generasi muda saat ini. Wawasan kebangsaan merupakan salah satu penyebab tumbuh dan terbentuknya karakter bangsa generasi muda. Generasi muda saat ini cenderung lebih mengenal tokoh film dibandingkan tokoh nasional. Fenomena ini menunjukkan bahwa kepekaan generasi muda terhadap budaya bangsa semakin melemah. Masalah ini harus diatasi dengan menghadirkan materi wawasan kebangsaan, juga identik dengan nilai patriotisme. Salah satu mata pelajaran yang dapat menanamkan pendidikan karakter adalah mata pelajaran ilmu sosial (IPS) dengan kompetensi esensial salah satunya adalah tokoh kepahlawanan. Tokoh heroik dihadirkan sebagai paket tematik tentang pahlawanku di kelas IV SD yang cenderung terlihat kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu perlu dibuat dengan kemasan yang lebih menarik berupa aplikasi berbasis android untuk membangkitkan minat belajar siswa. Metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall. Perancangan perangkat lunak menggunakan desain sistem model UML (Unified Modelling Language), meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Aplikasi yang menampilkan objek 2D bergerak dan informasi singkat tentang pahlamawanku ini dapat menjadi media pembelajaran yang interaktif dan mengasyikkan bagi siswa sekolah dasar. Memudahkan guru dalam menyampaikan informasi tentang tokoh kepahlawanan. Hasil pengujian UAT (User Acceptance Test) untuk pengguna menghasilkan persentase skor sebesar 94,7%. Perhitungan dengan skala Likert menunjukkan bahwa responden menyatakan sangat setuju menggunakan aplikasi ini.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Jessica Julian Angelika, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga

References

Setiawan, Deny. 2017. “Kontribusi Tingkat Pemahaman Konsepsi Wawasan Nusantara Terhadap Sikap Nasionalisme dan Karakter Kebangsaan.” JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 9 (1): 20. https://doi.org/10.24114/jupiis.v9i1.6457.

Rochmah, Eliya, Erna Labudasari, and Nurani Amalia. 2019. “Pengembangan Media Berbasis Teknologi Augmented Reality Bermuatan Wawasan Kebangsaan Pada Tokoh Kepahlawanan.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 11 (1): 10. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11489.

Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA” 7 (1): 9.

Risman, Risman, Humairah Humairah, and Muh. Akhsan Alimuddin. 2018. “Perancangan Aplikasi Pengenalan Tokoh Pahlawan dan Kebudayaan Melalui Patung di Pantai Losari Makassar Berbasis Teknologi Augmented Reality (Rarha Panlos).” Indonesian Journal of Fundamental Sciences 4 (2): 170. https://doi.org/10.26858/ijfs.v4i2.7646.

Putra, Rendy Rian Chrisna, Tri Sugihartono, and Fransiskus Panca Juniawan. 2021. “Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Pengenalan Gambar Tokoh Pahlawan Nasional Pada Uang Kertas Berbasis Android.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 10 (3): 405–12. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1285.

Fajar Rahayuningsih. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.

Binanto, I. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi Offset. Yogyakarta.

Saputro, Rujianto Eko, and Dhanar Intan Surya Saputra. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality.” Jurnal Buana Informatika 6 (2). https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404.

Rahmawati, Ana Silfiani. n.d. “Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika,” 11.

Moenir, A., & Yuliyanto, F. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis WEB dengan Metode Waterfall pada PT. Sinar Metrindo Perkasa (SIMETRI). Universitas Pamulang, 127(3)..

Firmansyah, Y., & Udi, U. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i1.1605