Aplikasi Pembelajaran Bertema Pahlawan Nasional Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android
Main Article Content
Abstract
Wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh generasi muda saat ini. Wawasan kebangsaan merupakan salah satu penyebab tumbuh dan terbentuknya karakter bangsa generasi muda. Generasi muda saat ini cenderung lebih mengenal tokoh film dibandingkan tokoh nasional. Fenomena ini menunjukkan bahwa kepekaan generasi muda terhadap budaya bangsa semakin melemah. Masalah ini harus diatasi dengan menghadirkan materi wawasan kebangsaan, juga identik dengan nilai patriotisme. Salah satu mata pelajaran yang dapat menanamkan pendidikan karakter adalah mata pelajaran ilmu sosial (IPS) dengan kompetensi esensial salah satunya adalah tokoh kepahlawanan. Tokoh heroik dihadirkan sebagai paket tematik tentang pahlawanku di kelas IV SD yang cenderung terlihat kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu perlu dibuat dengan kemasan yang lebih menarik berupa aplikasi berbasis android untuk membangkitkan minat belajar siswa. Metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall. Perancangan perangkat lunak menggunakan desain sistem model UML (Unified Modelling Language), meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Aplikasi yang menampilkan objek 2D bergerak dan informasi singkat tentang pahlamawanku ini dapat menjadi media pembelajaran yang interaktif dan mengasyikkan bagi siswa sekolah dasar. Memudahkan guru dalam menyampaikan informasi tentang tokoh kepahlawanan. Hasil pengujian UAT (User Acceptance Test) untuk pengguna menghasilkan persentase skor sebesar 94,7%. Perhitungan dengan skala Likert menunjukkan bahwa responden menyatakan sangat setuju menggunakan aplikasi ini.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
D. Setiawan, “Kontribusi Tingkat Pemahaman Konsepsi Wawasan Nusantara Terhadap Sikap Nasionalisme dan Karakter Kebangsaan,” JUPIIS J. Pendidik. Ilmu-ilmu Sos., vol. 9, no. 1, pp. 20–27, 2017, doi: 10.24114/jupiis.v9i1.6457.
E. Rochmah, E. Labudasari, and N. Amalia, “Pengembangan Media Berbasis Teknologi Augmented Reality Bermuatan Wawasan Kebangsaan Pada Tokoh Kepahlawanan,” EduHumaniora J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 10–21, 2019, doi: 10.17509/eh.v11i1.11489.
A. D. Puspitasari, “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA,” JPF (Jurnal Pendidik. Fis. Univ. Islam Negeri Alauddin Makassar, vol. 7, no. 1, pp. 17–25, 2019, doi: 10.24252/jpf.v7i1.7155.
R. Risman, H. Humairah, and M. A. Alimuddin, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Tokoh Pahlawan dan Kebudayaan Melalui Patung di Pantai Losari Makassar Berbasis Teknologi Augmented Reality (Rarha Panlos),” Indones. J. Fundam. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 170–176, 2018, doi: 10.26858/ijfs.v4i2.7646.
R. R. C. Putra, T. Sugihartono, and F. P. Juniawan, “Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Pengenalan Gambar Tokoh Pahlawan Nasional Pada Uang Kertas Berbasis Android,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 405–412, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1285.
S. Widihastuti and F. Rahayuningsih, Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.
R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Buana Inform., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2015, doi: 10.24002/jbi.v6i2.404.
A. S. Rahmawati, “Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika,” Pancasakti Sci. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 7–17, 2019.
A. Moenir and F. Yuliyanto, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis WEB dengan Metode Waterfall pada PT. Sinar Metrindo Perkasa (SIMETRI),” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 2, no. 3, pp. 127–137, 2017.
Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 184–191, 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.