Rancang Bangun Sistem Pencatatan Penjualan dan Pembelian untuk Toko Lancar Elektronik
Main Article Content
Abstract
Teknologi adalah alat yang digunakan manusia dalam mempermudah pekerjaannya. Salah satu contohnya adalah komputer. Komputer dapat digunakan hampir semua kalangan dan kegunaannya juga banyak seperti menyimpan data, melakukan perhitungan, atau bahkan hiburan. Pada era digital ini, tidak dipungkiri banyak sektor bisnis yang menggunakan teknologi komputer dalam menjalankan bisnisnya. Penggunaan komputer dalam menjalankan bisnis sangat membantu operasional bisnis tertentu. Hanya saja, tidak semua pebisnis menerapkan teknologi komputer dalam menjalankan bisnisnya yang di mana dalam kasus ini adalah Toko Lancar Elektronik. Toko ini adalah toko yang menjual kebutuhan elektronik rumah tangga tetapi operasionalnya masih konvensional. Hal ini tentunya menyebabkan operasional toko kurang cepat dan kurang efisien. Maka dari itu, dalam jurnal ini akan merancang bangun sistem pencatatan penjualan dan pembelian untuk Toko Lancar Elektronik dengan harapan mempercepat operasional toko dan memberikan efisiensi dalam menjalankan bisnis. Framework yang akan digunakan dalam pengembangan ini adalah Flask sementara bahasa pemrograman yang digunakan adalah Python. Sistem yang akan dirancang dibuat untuk digunakan 1 komputer dan penyimpanan data dilakukan secara lokal. Pengujian usability dilakukan dengan menggunakan kuesioner metode UMUX guna mengetahui kepuasan pengguna terhadap sistem aplikasi yang telah dirancang. Dari penggunaan metode UMUX setelah pengguna melakukan uji coba sistem aplikasi, nilai yang didapatkan adalah tinggi sebesar 87,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguna dapat menggunakan sistem dengan mudah dan juga sistem mampu menjawab permasalahan yang dihadapi pengguna.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
E. Lararenjana, “Sejarah Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa, Tingkatkan Taraf Hidup Manusia,” Merdeka, 2021. https://www.merdeka.com/jatim/sejarah-perkembangan-teknologi-dari-masa-ke-masa-tingkatkan-taraf-hidup-manusia-kln.html (accessed Jun. 13, 2022).
A. A. Sendari, “Pengertian Komputer, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-Hari,” Liputan 6, 2021. https://hot.liputan6.com/read/4526862/pengertian-komputer-jenis-fungsi-dan-manfaatnya-untuk-kehidupan-sehari-hari (accessed Jun. 12, 2022).
N. M. Sari, “5 Manfaat Komputer untuk Kehidupan Sehari-hari, Gunakan Secara Bijak,” Liputan 6, 2019. https://hot.liputan6.com/read/4005627/5-manfaat-komputer-untuk-kehidupan-sehari-hari-gunakan-secara-bijak (accessed Jun. 13, 2022).
D. Marendra, “5 Aplikasi Toko Terbaik untuk Bisnis Ritel Anda,” Businesstech Hashmicro, 2022. https://www.hashmicro.com/id/blog/5-aplikasi-toko-terbaik-untuk-bisnis-ritel-anda-blog/ (accessed Jun. 13, 2022).
B. Arifin, “6 Peran Penting Teknologi Informasi Dalam Bisnis,” Kominfo Bengkulukota, 2021. https://kominfo.bengkulukota.go.id/6-peran-penting-teknologi-informasi-dalam-bisnis/ (accessed Jun. 12, 2022).
F. Alexander, Arianti, and S. Bahri, “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Flavour Fog Menggunakan Pendekatan User Centered Design,” KHARISMA Tech, vol. 17, no. 2, pp. 184–198, 2022, doi: 10.55645/kharismatech.v17i2.313.
S. F. Maulidani, Analisis Usability Metric for User Experience Dalam Perancangan User Interface Aplikasi Point of Sales Mitra Restoran Dengan Metode Google Venture Design Sprint. 2022.
S. Suraya and M. Sholeh, “Designing and Implementing a Database for Thesis Data Management by Using the Python Flask Framework,” Int. J. Eng. Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 9–14, 2021, doi: 10.52088/ijesty.v2i1.197.
U. Patkar, P. Singh, H. Panse, S. Bhavsar, and C. Pandey, “Python for Web Development,” Int. J. Comput. Sci. Mob. Comput., vol. 11, no. 4, pp. 36–48, 2022, doi: 10.47760/ijcsmc.2022.v11i04.006.
B. Rawat and S. Purnama, “MySQL Database Management System ( DBMS ) On FTP Site LAPAN Bandung,” vol. 1, no. 2, pp. 173–179, 2021.