Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Materi Sel

Main Article Content

Julian Sahertian
Risa Helilintar

Abstract

Pada penelitian ini dikaji penerapan teknologi augmented reality untuk membuat aplikasi mobile media pembelajaran pada pokok bahasan sel tingkat SMA.Materi yang diambil sebagai konten aplikasi media pembelajaran adalah pada standar kompetensi memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan untuk siswa SMA kelas IX. Aplikasi media pembelajaran yang dikembangkan hanya bersifat suplemen pembelajaran diluar kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian yang dilakukan mengunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) sedangakan model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan aplikasi Waterfall. Metode pengembangan aplikasi ini dipilih karena proses pengembangan media yang dilakukan memiliki waktu yang efisien karena revisi aplikasi hanya dilakukan di akhir proses pengembangan. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yang didapat dari hasil angket yang disebarkan kepada pengguna aplikasi media pembelajaran yaitu siswa tingkat SMA. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran mobile augmented reality pada pokok  bahasan sel ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kaufman, Hannes. 2001. Collaborative Augmented Reality in Education. (Online), (http:// citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi= 10.1.1.12.2215&rep=rep1&type=pdf).
Billinghurst, Mark. 2002. Augmented Reality in Education. (Online), (http://it.civil.aau.dk/it/ education/reports/ar_edu.pdf).
Arief S. Sadiman, et al. 2009. Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatan-nya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ronald T. Azuma. 1997. A Survey of Augmented Reality. Malibu: Hughes Research Laboratories.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pressman, R.S. 2008. Software Engineering: A Practitioner’s Approach Seventh Edition. New York: McGrawHill.
Akbar, Sa’dun dan Hadi Sriwiyana. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.