SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT

Main Article Content

Khairul Anwar Hafizd
Rabini Sayyidati

Abstract

Perpustakaan Politeknik Negeri Tanah Laut (POLITALA) memiliki tiga jenis koleksi buku yang bersesuaian dengan jurusannya (Teknik informatika, Teknik industri pertanian dan Mesin otomotif) dan jenis koleksi buku yang berhubungan dengan pengetahuan umum. Mahasiswa di Politala semakin tahun semakin meningkat jumlahnya hal itu menyebabkan pendataan buku diperpustakaan lebih diperketat. Permasalahan ini karena belum tersedianya aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pustakawan POLITALA untuk melakukan transaksi peminjaman buku dan membuat perkerjaan pustakawan lebih efisien dalam pendataan buku dan transaksi lainnya, untuk itu diperlukan sebuah sistem informasi perpustakaan untuk pengelolaan data buku dan peminjaman serta mencakup sistem yang berjalan di perpustakaan POLITALA. Sistem informasi ini sangat berguna mempermudah petugas perpustakaan Politeknik Negeri Tanah Laut dalam memasukkan data peminjaman buku maupun pelaporan peminjaman dan peminjam dapat mencari informasi buku dengan mengakses sistem informasi tersebut dan pemanfaatan perangakat barcode scanner yang masih belum digunakan,  untuk membangun sistem informasi perpustakaan POLITALA diperlukan suatu Sistem Informasi Perpustakaan POLITALA Berbasis Web yang dirancang dengan menggunakan ERD, DFD, Flowchart serta menggunakan bahasa pemprograman PHP dan Mysql sebagai databasenya. Metode dalam pembangunan menggunakan metode prototipe.


 


Kata Kunci: Perpustakaan, Politala

Article Details

Section
Articles

References

Dengen, Nataniel & Heliza Rahmania Hatta. 2009. “Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser”. JurnalInformatika Mulawarman, Vol 4 No. 1 Feb 2009.
Hendrianto, Eko. 2014. Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, Volume 3 No 4 – 2014, ISSN: 2302-5700.
Iskandar, Agus & A. Haris Rangkuti. 2008. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai pada PT. Klaten Bercahaya”. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, Vol.3 No.2 Nopember 2008. ISSN 1978-9483.
Iswandy, Eka. 2015. “Sistem Penunjang Keputusan untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur”. Jurnal TEKNOIF, Vol. 3 No. 2 Oktober 2015. ISSN: 2338- 2724.
Mujilahwati, Siti, dkk. 2013. “Perancangan Mail Server Untuk Layanan Webmail dan Aplikasi Mail Compose Berbasis VB.Net 2010”. Jurnal Teknika, Vol. 5 No.2 September 2013. ISSN No. 2085 – 0859.
Oktaviani, Masyita, dkk. 2012. “Implementasi Client Server pada Drive Thru dengan Menggunakan Barcode”. Jurnal Dunia Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1, 2012.
S, Pressman Roger. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi edisi 7. Yogyakarta, ANDI.
S, Rosa, A. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung, Informatika.
Sovia, Rini. 2010. “Model Alternatif Pengganti Teknologi Smartcard untuk Sistem Layanan Absen Ujian”. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, Vol. 2 No. 1 September 2010. ISSN :2086 – 4981.
Suruali, Nasir. 2011. “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Otentifikasi Produk melalui Barcode”. Jurnal Teknologi, Volume 8 Nomor 1, 2011.