APLIKASI PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ANDROID

Main Article Content

Novan Ari Nugroho
Ahmad Ramadhani

Abstract

Bangun ruang seperti kubus, balok, prisma, tabung, kerucut, dan bola merupakan bagian dari ilmu matematika.
Pembelajaran bangun ruang 3d saat ini masih konvensional, pihak sekolah maupun tenaga pengajar merasa
kesulitan dalam pengadaan alat peraga sebagai sarana media pembelajaran bangun ruang 3d. Di pandang dari
aspek kognitif, siswa juga merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3d, karena tanpa alat peraga
mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri objek bangun ruang 3d tersebut.
Dalam penelitian ini penulis merancang dan membangun suatu aplikasi pengenalan bangun ruang berbasis
augmented reality menggunakan android pada objek bangun ruang sebagai sarana pembelajaran matematika
tingkat sekolah dasar. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi alat bantu bagi para guru matematika dalam
menyampaikan materi bangun ruang 3d.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Novan Ari Nugroho, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Ahmad Ramadhani, Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Anggraeni Popy, P. R. (2009). Aplikasi KeluarMasuk Surat di Koperasi PT. Telekomunikasi Indonesia.tbk (KOPTEL). Bandung: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Ardhianto, E., Hadikurniawati, W., Winarno, E. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender: Program Studi Teknik Informatika Universitas Stikubank.

Fernando, M.,2013. Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Solo.

Jogianto HM, M. A. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Kurniawan Teguh Martono. 2011. Augmented Reality Sebagai Metafora Baru dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Sistem Komputer Universitas Diponegoro Semarang.

Milgran, Paul dan Kishino, Fumio, 1994, Taxonomy of Mixed Reality Visual Displays, IEICE Transactions on Information and Systems E77-D:1321-1329.

Ramadhan, H.S.B,wahyu. 2014. Pemanfaat Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan Metode Augmented Reality Sebagai Prpses Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad: Skripsi. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas U’budiyah Banda Aceh.

Safaat, N.H; 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Wirga, E.W., Pungkasanthi, C.P., Yuniarti, D.F.,Kusnendar, D.A., Darta, V.S. 2014. Pembuatan Aplikasi Augmented Book Berbasis Android Menggunakan Unity 3D. Universitas Gunadarma.